TERAPI MUSIK DAN GERAK TERHADAP PENGENDALIAN MARAH ANAK USIA SEKOLAH DI PANTI PELAYANAN SOSIAL ANAK TARUNA YODHA SUKOHARJO JAWA TENGAH

Hanif Sandya Eko Putro, S.Sos., NIM: 17200011004 (2020) TERAPI MUSIK DAN GERAK TERHADAP PENGENDALIAN MARAH ANAK USIA SEKOLAH DI PANTI PELAYANAN SOSIAL ANAK TARUNA YODHA SUKOHARJO JAWA TENGAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TERAPI MUSIK DAN GERAK TERHADAP PENGENDALIAN MARAH ANAK USIA SEKOLAH DI PANTI PELAYANAN SOSIAL ANAK TARUNA YODHA SUKOHARJO JAWA TENGAH)
17200011004_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TERAPI MUSIK DAN GERAK TERHADAP PENGENDALIAN MARAH ANAK USIA SEKOLAH DI PANTI PELAYANAN SOSIAL ANAK TARUNA YODHA SUKOHARJO JAWA TENGAH)
17200011004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pada proses perkembangan psikologis anak usia sekolah pada umumnya akan melakukan peniruan melalui orang terdekat sepertihalnya orangtua, guru, dan lingkungan sosial. Kondisi emosional anak usia sekolah cenderung tidak stabil pergaulan yang salah dapat dengan mudah membawa anak melakukan tindakan-tindakan menyimpang seperti kenakalan dan bahkan tindakan kriminal. Sehingga perkembangan emosi anak usia sekolah membutuhkan perhatian khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui pengaruh, proses, dan besarnya pengaruh terapi musik dan gerak terhadap pengendalian marah anak usia sekolah. Berdasarkan data observasi menunjukkan bahwa di Panti Pelayanan Sosial Anak Taruna Yodha Sukoharjo Jawa Tengah terdapat Penerima Manfaat yang membutuhkan pengarahan dalam pengendalian emosi marah. Kamudian penulis memberikan treatment berupa penerapan terapi musik dan gerak untuk membentuk pengendalian emosi marah pada anak. Penelitian menggunakan pendekatan Quasi Experimental design dengan pola non-equivalent control group design (pretest-postest yang tidak ekuivalen). Pengumpulan data menggunakan observasi dan angket dengan melibatkan semua populasi yang berada di Panti Pelayanan Sosial Anak Taruna Yodha Sukoharjo Jawa Tengahg. Besarnya subyek dalam penelitian ini berjumlah 64 orang penerima manfaat (PM). Kemudian dibagi sama rata menjadi dua kelompok eksperimen, dan kelompok kontrol masing-masing beranggotakan 32 subyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi musik dan gerak memiliki pengaruh signifikan terhadap pengendalian emosi marah pada anak usia sekolah. Hasil postest kelompok eksperimen adalah 114.281, sedangkan hasil postest kelompok kontrol adalah 97.5. Berdasarkan hasil analisis mean postest diketahui bahwa kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol (114.281 > 97.5).Dapat disimpulkan bahwa antara mean postest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen terdapat perbedaan sebesar 16.58. Berdasarkan hasil analisis terdapat pengaruh positif antara terapi musik dan gerak terhadap pengendalian marah anak usia sekolah, karena nilai Xe > Xk. Terapi musik dan gerak mampu meningkatkan pengendalian marah anak usia sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nurus Sa‟adah, S. Psi., M. Si
Uncontrolled Keywords: terapi musik, sekolah usia dini, bimbingan konseling islam
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 09 Feb 2021 10:21
Last Modified: 17 Jun 2021 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41992

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum