TINJAUAN HUKUlVI ISLAM TENTANG TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG (MONEY LAUNDERING) ( STUDI ATAS UNDANG-UNDANG NO 25 T AHUN 2003)

IFTAH SUNANSIH S, NIM.: 02371603 (2006) TINJAUAN HUKUlVI ISLAM TENTANG TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG (MONEY LAUNDERING) ( STUDI ATAS UNDANG-UNDANG NO 25 T AHUN 2003). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKULVI ISLAM TENTANG TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG (MONEY LAUNDERING) ( STUDI ATAS UNDANG-UNDANG NO 25 T AHUN 2003))
02371603_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKULVI ISLAM TENTANG TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG (MONEY LAUNDERING) ( STUDI ATAS UNDANG-UNDANG NO 25 T AHUN 2003))
02371603_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pencucian uang merupakan salah satu kejahatan yang sering dibicarakan dewasa ini, perbuatan pencucian uang sangat merugikan masyarakat, juga sangat merugikan negara. Karena dapat mempengaruhi atau merusak stabilitas perekonomian nasional atau keuangan negara dengan meningkatnya berbagai kejahatan. Dan ini sangat bertentangan dengan tujuan tasri' itu sendiri yaitu mencegah mafsadah dan menciptakan maslahah, artinya perbuatan yang justru menimbulkan kerusakan, kerugian, mudlarat dan sekaligus menjauhkan kemaslahatan kehidupan manusia adalah perbuatan tercela atau terlarang dan perbuatan tersebut dapat disebut sebagai tindak pidana. Daya rusak dan akibat yang ditimbulkan oleh kejahatan ini membuat banyak negara mempelopori pentingnya bagi setiap negara untuk memilih perangkat hukum anti pencucian uang. Dengan mengeluarkan Undang-undang No.15 Tahun 2002 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang, yang kemudian diubah dengan Undang-undang No.25 Tahun 2003. Dalam skripsi ini penulis membahas mengenai tinjauan hukum Islam tentang pencucian uang atau money laundering. Definisi dari pencucian uang yaitu suatu proses untuk menyembunyikan atau menyamarkan harta kekayaan yang diperoleh dari hasil kejahatan untuk menghindari penuntutan dan penyitaan. Hasil akhir dari proses itu adalah tindak pidana " menjelma" menjadi uang yang sah. Dalam penyusunan skripsi ini penulis menggunakan Undang-undang sebagai bahan primernya.Dan juga melihat masalah dengan kaca mata hukum Islam, maka, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis dan normatif syar'i yaitu pendekatan yang digunakan untuk mengetahui masalah tindak pidana pencucian uang berdasarkan nass al Qur'an dan Hadist juga kaidah-kaidah fiqh. Berdasarkan metode yang digunakan, maka terungkaplah bahwa, pencucian uang adalah perbuatan yang merusak/membahayakan/merugikan kehidupan manusia dan mencegah terwujudnya kemaslahatan masyarakat. Hal ini tidak sesuai dengan hukum Islam, dan merupakan tindak pidana dan dapat dikenai hukuman ta'zir bagi yang melanggar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. MAKHRUS MUNAJAT, M.Hum. 2. UDIYO BASUKI, S.H. M.Hum.
Uncontrolled Keywords: PIDANA , PENCUCIAN UANG
Subjects: PIDANA
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User: S.Sos. WIDYASTUTI KARTINI
Date Deposited: 10 Feb 2021 12:47
Last Modified: 28 Jun 2021 13:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42017

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum