TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN PERJANJIAN KERJA ANTARA PEMAIN SEP AK BOLA DEN GAN KLUB SEP AK BOLA DI PSS SLEMAN YOGYAKARTA 2005-2006

DHANIA SRI BUDID ARTIKA, NIM.: 02381191 (2006) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN PERJANJIAN KERJA ANTARA PEMAIN SEP AK BOLA DEN GAN KLUB SEP AK BOLA DI PSS SLEMAN YOGYAKARTA 2005-2006. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN PERJANJIAN KERJA ANTARA PEMAIN SEP AK BOLA DEN GAN KLUB SEP AK BOLA DI PSS SLEMAN YOGYAKARTA 2005-2006)
02381191_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN PERJANJIAN KERJA ANTARA PEMAIN SEP AK BOLA DEN GAN KLUB SEP AK BOLA DI PSS SLEMAN YOGYAKARTA 2005-2006)
02381191_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Masalah ketenagakerjaan sangat erat kaitannya dengan perjanjian kerja. Perjanjian kerja bertujuan untuk mengantisipasi adanya perselisihan atau pertentangan di kemudian hari oleh masing-masing pihak yang melakukan perjanjian kerja tersebut. Pelaksanaan perjanjian kerja sering muncul berbagai persoalan, diantaranya pemenuhan hak dan kewajiban yang sering dilalaikan dalam perjanjian kerja yang telah dibuat oleh masing-masing pihak yang melakukan perjanjian kerja. Dengan adanya perjanjian kerja, maka perjanjian tersebut mempunyai kekuatan hukum yang tetap, sehingga dalam menyelesaikan masalah berpijak pada perjanjian kerja yang telah disepakati bersama. Dalam penelitian ini, penyusun ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan perjanjian kerja yang dilakukan oleh pemain dengan klub sepak bola di PSS Sleman. Selain itu penyusun juga ingin menganalisis pelaksanaan perjanjian kerja tersebut apakah sesuai dengan hukum Islam atau tidak. Kajian ini merupakan kajian lapangan, maka dalam pengumpulan data menggunakan teknik dan metode wawancara dengan responden, dokumentasi dengan cara menelusuri dokumen-dokumen yang ada serta observasi dengan mengamati secara langsung obyek serta subyek penelitian. Kemudian dalam menyelesaikan masalah yang ada di lapangan, maka menggunakan pendekatan nonnatif, yaitu pendekatan yang digunakan untuk mengetahui ketentuan hukum syara' yang mengatur masalah di atas. Dalam hal ini penyusun menggunakan konsep dasar perjanjian kerja yang mencakup akad, pelaksanaan perjanjian dan penyelesaian masalah yang muncul. Adapun analisis yang penyusun gunakan adalah dengan cara berfikir induktif, yang pada akhirnya penyusun berkesimpulan bahwa perjanjian itu penting dilakukan, karena untuk menghindari adanya kemafsadatan. Berdasarkan metode yang digunakan, maka terungkap bahwa pelaksanaan perjanjian kerja di klub sepak bola PSS Sleman dinyatakan sah sesuai dengan ketentuan hukum Islam, karena telah memenuhi rukun dan syarat, serta hak dan kewajiban yang ada dalam hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1.Drs, RIYANT A, M.Hum 2.Drs. A.YUSUF KHOIRUDDIN, SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: HUKUM ISLAM - PERJANJIAN
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: S.Sos. WIDYASTUTI KARTINI
Date Deposited: 10 Feb 2021 14:24
Last Modified: 28 Jun 2021 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42026

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum