Syamsul Arifin, - PERJUANGAN KEBANGSAAN DAN PENDIDIKAN AL IRSYAD. In: GERAKAN-GERAKAN ISLAM INDONESIA KONTEMPORER. Buku Seri Sejarah Islam Indonesia Modern . Adab Press, Yogyakarta, pp. 307-327.
Text (PERJUANGAN KEBANGSAAN DAN PENDIDIKAN AL IRSYAD)
PERJUANGAN KEBANGSAAN DAN PENDIDIKAN AL IRSYAD.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
|
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1614459257.pdf - Published Version Download (16kB) | Preview |
Abstract
Al-Irsyad lahir dari sebuah konik dan perpecahan di tubuh Jamiatul Khair, yang dipicu oleh perbedaan pandangan mengenai masalah agama. Mereka yang kecewa dan tidak sejalan dengan pandangan-padangan para elite Jamiatul Khair memilih ke luar dan mendirikan organisasi sendiri yang diberi nama Al-Irsyad. Salah satu tokoh pendirinya adalah Ahmad Surkati, seorang ulama asal Arab yang memilih menetap di Indonesia. Kedua, gerakan-gerakan yang dilakukan oleh Al-Irsyad sejak awal berdirinya adalah gerakan pendidikan. Al-Irsyad mempunyai keyakinan bahwa pendidikan adalah modal utama bagi sebuah bangsa agar menjadi bangsa yang merdeka, maju, dan berdaulat. Gerakan pendidikan Al-Irsyad tidak hanya diperuntukkan bagi orang-orang keturunan Arab, namun juga bagi kalangan Muslim pribumi. Semua itu dilakukan oleh Al-Irsyad didasarkan atas keyakinan agama, bahwa tanggung jawab untuk memajukan sebuah bangsa, apa lagi rakyatnya mayoritas Muslim adalah perintah Allah SWT. Agama telah menjadi roh pergerakan bagi Al-Irsyad. Agama dan kebangsaan telah menjadi bagian yang tidak terbantahkan dalam mendorong Indonesia bebas dari penjajahan.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Al Irsyad |
Subjects: | ISLAM DAN PENDIDIKAN Pendidikan Kependidikan Islam |
Divisions: | Buku |
Depositing User: | Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP - |
Date Deposited: | 28 Feb 2021 04:10 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 10:29 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42061 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |