AL-QURAN DAN TAFSIR LISAN DI MEDIA: Kajian Terhadap Penafsiran Kata Hijrah Dalam Al-Quran Menurut Ustaz Abdul Somad di YouTube

Moh Hasan Fauzi, NIM.: 17200010138 (2019) AL-QURAN DAN TAFSIR LISAN DI MEDIA: Kajian Terhadap Penafsiran Kata Hijrah Dalam Al-Quran Menurut Ustaz Abdul Somad di YouTube. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL-QURAN DAN TAFSIR LISAN DI MEDIA: Kajian Terhadap Penafsiran Kata Hijrah Dalam Al-Quran Menurut Ustaz Abdul Somad di YouTube)
17200010138__BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA,.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AL-QURAN DAN TAFSIR LISAN DI MEDIA: Kajian Terhadap Penafsiran Kata Hijrah Dalam Al-Quran Menurut Ustaz Abdul Somad di YouTube)
17200010138_BAB II, BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tesis ini mengkaji tentang tafsir lisan dan media (YouTube) dengan studi kasus pada Ustaz Abdul Somad (UAS) dan hijrah . Pertanyaan utama penelitian ini ialah bagaimana penafsiran lisan UAS tentang kata hijrah dalam Al-Quran di YouTube? Bagaimana signifikansi penafsiran lisan UAS tentang kata hijrah dalam Al-Quran di YouTube dalam kajian tafsir? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini mengkombinasi data historiografi tafsir dan data lapangan (YouTube). Data historiografi tafsir dilakukan melalui penelusuran literatur sejarah penafsiran dari zaman Nabi Muhammad. Sedangkan data lapangan dilakukan dengan menelusuri ceramah tentang hijrah UAS di YouTube. Kata hijrah selalu identik dengan peristiwa perpindahan Nabi Muhammad dari Mekah ke Madinah yang terdapat dalam QS. Al-Nisa (4) : 97. Namun kata hijrah menjadi identik terhadap fenomena hijrah dengan berpakaian tidak isbal bagi laki-laki dan berjilbab atau bahkan memakai cadar bagi perempuan. Di sini terjadi kontradiksi atas makna hijrah dahulu dan sekarang. Salah satu orang yang berkontribusi dalam menjelaskan hijrah tersebut adalah UAS. Dia sebagai salah satu ustaz yang sering mengisi ceramah dalam komunitas hijrah memberikan penjelasan mengenai kata hijrah di berbagai ceramah di YouTube. Penelitian ini menemukan bahwa UAS menafsirkan (menjelaskan) kata hijrah merujuk pada QS al-Muddasi}r (74) : 5. Menurutnya, hijrah adalah meninggalkan sesuatu yang dilarang oleh Allah dan penafsiran tersebut sama dengan beberapa mufassir klasik terdahulu. Namun penafsiran lisan UAS lebih terperinci dan jelas karena dia menjelaskan sesuatu yang dilarang Allah itu adalah membuka aurat, minum khamr, korupsi, pacaran, pesta sabu, minuman keras, dan sebagainya. Sedangkan mufassir terdahulu menjelaskan sesuatu yang dilarang Allah adalah syirik dengan menyembah berhala. Selain itu, penafsiran lisan UAS tentang hijrah memiliki signifikasi dalam kajian tafsir. Penafsiran lisan UAS lebih cair dan inovatif dalam menafsirkan hijrah dari pada kitab-kitab tafsir klasik. Karena UAS tidak hanya menafsirkan kata hijrah. Namun dia juga menjelaskan kisah hijrah Nabi Muhammad, tata cara hijrah, peran pemuda, tantangan hijrah, dan saran bagi orang berhijrah. Hal tersebut dikarenakan UAS juga sebagai penceramah atau da’i selain sebagai mufassir dalam konteks menafsirkan kata hijrah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Ahmad Rafiq, S.Ag., M.Ag., M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Tafsir Lisan; Media; Ustaz Abdul Somad; Hijrah
Subjects: al Qur'an > Hermeneutika Al Qur'an
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hermeneutika Al Qur'an
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 01 Mar 2021 14:23
Last Modified: 18 Jun 2021 11:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42079

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum