As Syi’ru “Ḥajar Ṣhoghir” li Iliya Abu Madhi Dengan Menggunakan (Analisis Struktural Strata Norma Roman Ingarden)

Bahrul Mukhit, NIM.: 14110013 (2020) As Syi’ru “Ḥajar Ṣhoghir” li Iliya Abu Madhi Dengan Menggunakan (Analisis Struktural Strata Norma Roman Ingarden). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (As Syi’ru “Ḥajar Ṣhoghir” li Iliya Abu Madhi Dengan Menggunakan (Analisis Struktural Strata Norma Roman Ingarden))
14110013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (As Syi’ru “Ḥajar Ṣhoghir” li Iliya Abu Madhi Dengan Menggunakan (Analisis Struktural Strata Norma Roman Ingarden))
14110013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul As Syi’ru “Ḥajar Ṣhoghir” li Iliya Abu Madhi dengan menggunakan (Analisis Struktural Strata Norma Roman Ingarden). Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengungkapkan makna yang terdapat dalam Syi’ir karya Iliya Abu Madhi. Beliau merupakan seorang penyair Arab yang menulis puisi modern dari Lebanon-Amerika dan Wartawan, beliau dilahirkan di desa Al-Muhaydithah sekarang bagian dari Bikfaya, lebanon, pada tahun 1889. Dia banyak mengangkat tema nasionalisme, sosial dan politik dalam karya-karyanya. Dia adalah penyair Mahjar terkemuka setelah Jubran Kahlil Jubran dan Michael Nu’aimah. Karya-karyanya tertulis dalam sebuah majalah As-Samir yang di dalamnya juga tertulis penyair-penyair Mahjar lainnya, baik berupa puisi atau prosa. Dia juga dikenal sebagai penyair yang cerdas dan gigih, selain itu dia juga aktif dalam bidang jurnalistik. Oleh karena itu Syi’ir ini amat menarik untuk dikaji dari keseluruhan aspeknya dengan menggunakan prespektif teori Strukturalisme Roman Ingarden. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan penulis adalah teori Strukturalisme yang dirumuskan oleh Roman Ingarden, yang merupakan seorang filusuf berkebangsaan Polandia, adalah teori yang tepat sebagai pisau analisis untuk menganalisis karakteristik syi’ir/puisi yang terdapat pada bait-bait “Ḥajar Ṣhoghir” karya Iliya Abu Madi. Dalam bukunya Das Literarische Kunstwerk (1931) membagi beberapa lapis untuk mengkaji sebuah karya syiir atau qasidah menjadi lima norma, sebagaimana berikut: Lapis Bunyi (Sound Stratum), Lapis Arti (Units Meaning), Lapis Obyek, Lapis Dunia, dan Lapis Metafisis. Dengan demikian, untuk mencapai makna dari Syi’ir tersebut, penulis harus mengkaji atau menganalisis lapis demi lapis dari norma-norma tersebut. Penelitian ini menemukan bahwa dalam karya sastra Ḥajar Ṣhoghir diatas terdapat berbagai macam lapis unsur puisi, yaitu lapis bunyi, lapis arti/makna, lapis objek, lapis dunia dan lapis metafisis. Kemudian penulis menemukan keseluruhan lapis unsur tersebut sehingga tercipta sebuah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Aning Ayu Kusumawati, S.Ag M.Si.
Uncontrolled Keywords: Khajar Shoghir, Strukturalisme
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Bahasa Arab Tatabahasa - Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Mar 2021 19:56
Last Modified: 07 Jun 2021 13:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42110

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum