Implementasi Pendekatan Integratif-Interkonektif dalam Kajian Bimbingan dan Konseling Islam

Waryono Abdul Ghafur, - (2014) Implementasi Pendekatan Integratif-Interkonektif dalam Kajian Bimbingan dan Konseling Islam. In: Implementasi Pendekatan Integratif- Interkonektif dalam Kajian Pendidikan Islam. Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta, pp. 149-179. ISBN 978-602-72084-8-3

[img]
Preview
Text (Implementasi Pendekatan Integratif-Interkonektif dalam Kajian Bimbingan dan Konseling Islam)
Implementasi Pendekatan Integratif-Interkonektif dalam Kajian Bimbingan dan Konseling Islam.pdf - Published Version

Download (25MB) | Preview

Abstract

Modernisme merupakan anak kandung renaissance yang lahir dari spirit perlawanan terhadap "doktrin langit", lebih tepatnya Gereja. Faham ini lahir dengan bertumpu pada tiga pilar utama, yaitu akal budi, ilmu pengetahuan dan antroposentrusme yang lazim disebut sebagai metode berfikir Cartesian. Modernisme menyatakan bahwa akal budi manusia, meski tanpa agama mampu mengenal kebenaran dan membimbingnya menuju kebahagiaan.Kepercayaan dan optimisme ini menjadikan akal budi menjadi "dewa" baru yang mengatasi semua pengalaman yang bersifat particular dan khusus yang akhirnya menghasilkan kebenaran mutlak, universal dan tak terikat waktu. Universalitas akal-budi (rasio) inilah yang diajarkan oleh Immanuel Kant dan Hegel, dua filosof yang berhasil merumuskan konsep modernitas secara filosofis.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Integratif-Interkonektif; Bimbingan Konseling Islam
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Bimbingan Konseling
Divisions: Buku
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 08 Mar 2021 23:21
Last Modified: 09 Aug 2021 10:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42129

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum