GERAKAN AKSI SILAT MUSLIMIN INDONESIA (GASMI) PONDOK PESANTREN LIRBOYO KEDIRI: PERAN DAN PERJUANGANNYA 1966-1986 M

Fahad Muqtadinnidzom, NIM.: 14120048 (2020) GERAKAN AKSI SILAT MUSLIMIN INDONESIA (GASMI) PONDOK PESANTREN LIRBOYO KEDIRI: PERAN DAN PERJUANGANNYA 1966-1986 M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GERAKAN AKSI SILAT MUSLIMIN INDONESIA (GASMI) PONDOK PESANTREN LIRBOYO KEDIRI: PERAN DAN PERJUANGANNYA 1966-1986 M)
14120048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (GERAKAN AKSI SILAT MUSLIMIN INDONESIA (GASMI) PONDOK PESANTREN LIRBOYO KEDIRI: PERAN DAN PERJUANGANNYA 1966-1986 M)
14120048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Gerakan Aksi Silat Muslim Indonesia (GASMI) merupakan salah satu perguruan silat yang sangat terkenal di kalangan para pesilat Nahdlatul Ulama. GASMI juga menjadi alasan tersendiri bagi para santri untuk belajar di Pondok Pesantren Lirboyo. GASMI juga menjadi pelopor terbentuknya Perguruan Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa (PSNU-Pagar Nusa). Salah satu kegiatan GASMI yang sampai saat ini masih dilestarikan yaitu Pencak Dor. Sebuah pertandingan tarung bebas yang diadakan dilakuan diatas ring dari bambu. Pencak Dor memiliki selogan “diatas lawan dibawah kawan”. Hal itu bertujuan untuk mengurangi keributan liar yang sering terjadi antar perguruan silat di Kediri. Berdasarkan uraian tersebut, peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian mengenai GASMI di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Peneliti membahas dalam tiga rumusan masalah yaitu Bagaimana gambaran Pondok Pesantren Lirboyo sebelum dibentuknya GASMI, Bagaimana latar belakang GASMI berdiri di Pondok Pesantren Lirboyo, dan Bagaimana Peran dan Perjuangan GASMI di Pondok Pesantren Lirboyo tahun 1966-1986 M. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian sejarah, dan menggunakan pendekatan Sejarah, yang kemudian dibantu dengan pendekatan Antropologi. Penelitian ini menggunakan metode sejarah, yaitu dengan mengumpulkan sumber atau data sejarah yang ada. Penelitain ini bersifat kualitatif, dengan analisis yang bertujuan untuk mendeskripsikan GASMI di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri 1966-1986 M. Hasil penelitian atau kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa berdasarkan fakta yang diperoleh, Pertama GASMI pertama kali terbentuk di PP Lirboyo Kediri merupakan suatu pergerakan para pendekar muslim untuk melawan Partai Komunis Indonesia (PKI). GASMI merupakan perguruan silat yang resmi berdiri pada tanggal 11 Januari 1966 M. Perguruan silat GASMI merupakan salah satu ekstrakulikuler di PP Lirboyo dan langsung dinaungi oleh pendiri pondok dan penerusnya.Kedua Pencak Silat ini merupakan murni Olahraga (seni tinju) bukan sebuah pencak silat karomah yang membuat seseorang tiba tiba menjadi kuat tanpa latihan. Salah satu amalan bagi para pendekar GASMI yaitu Hisbul Autad Ketiga, selain memiliki andil yang cukup besar dalam menumpas PKI, GASMI juga berperan dalam menciptakan perdamian antar perguruan silat dengan pertandingan Pencak Dor. GASMI juga menjadi pelopor dalam terbentuknya Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa (PSNU Pagar Nusa) yaitu satu satunya perguruan pencak silat resmi yang dinaungi oleh organisasi Nahdlatul Ulama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Imam Muhsin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: GASMI, Pencak Silat, PSNU Pagar Nusa
Subjects: Islam dan Organisasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 16 Mar 2021 12:34
Last Modified: 21 Jun 2021 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42143

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum