MANAJEMEN PELAYANAN JAMAAH HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN MAGELANG

Muhammad Imaduddin Ikhlasul Amal, NIM.: 13240077 (2020) MANAJEMEN PELAYANAN JAMAAH HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PELAYANAN JAMAAH HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN MAGELANG)
13240077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PELAYANAN JAMAAH HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN MAGELANG)
13240077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk uji validitas data peneliti menggunakan metode triangulasi sumber data. Teori yang digunakan adalah teori manajemen pelayanan yang fokus pada implementasi aktivitas manajemen pelayanan. Hasil penelitian ini menunjukkan perencanaan pelayanan jamaah haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang mengacu pada peraturan dari Kementerian Agama pusat, yang secara langsung membatasi pengembangan dan inovasi layanan. Di dalam manajemen pelayanan di PHU Kemenag Kabupaten Magelang terdapat aktivitas-aktivitas manajemen pelayanan yang secara keseluruhan telah terlaksana meliputi menetapkan bentuk dan sasaran pelayanan, menetapkan teknik pencapaian terutama menyoal pemenuhan kuota dan kualitas layanan, melaksanakan kegiatan yang meliputi mulai dari pendaftaran, pembatalan, penggabungan mahrom, bimbingan manasik haji, hingga perlindungan jamaah haji. Pengendalian kegiatan manajemen pelayanan melibatkan Kasi PHU Kemenag Kabupaten Magelang dan stakeholder terkait lainnya. Sedangkan evaluasi kegiatan dilaksanakan dengan melibatkan banyak pihak di berbagai level kepentingan mulai ari desa hingga tingkat kabupaten yang didukung oleh pembentukan paguyuban sebagai sarana atau wadah komunikasi. PHU Kemenag Kabupaten Magelang dalam implementasi rencana pelayanan dan aktivitasnya dalam penelitian ini didapati kendala-kendala yang memicu menurunnya kualitas pelayanan. Misalnya sistem informasi SISKOHAT yang acap kali tersendat dan jamaah haji yang berusia lanjut. Oleh karenanya, implementasi aktivitas ini didorong dengan sikap yang oleh PHU agar mampu menghadirkan pelayanan yang sopan, ramah-tamah, kesesuaian kebutuhan, dan efisiensi waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. M. Rosyid Ridla, M.Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pelayanan, Haji, Kemenag Kabupaten Magelang
Subjects: Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Mar 2021 10:38
Last Modified: 21 Jun 2021 14:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42159

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum