PENDIDIKAN ISLAM BAGI PEREMPUAN DI KESULTANAN SIAK SRI INDRAPURA RIAU SUMATERA: STUDI SEJARAH TENTANG MADRASAH ANNISA 1929-1950 M

Anisa Nurul Azkiya, NIM.: 16120020 (2020) PENDIDIKAN ISLAM BAGI PEREMPUAN DI KESULTANAN SIAK SRI INDRAPURA RIAU SUMATERA: STUDI SEJARAH TENTANG MADRASAH ANNISA 1929-1950 M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN ISLAM BAGI PEREMPUAN DI KESULTANAN SIAK SRI INDRAPURA RIAU SUMATERA: STUDI SEJARAH TENTANG MADRASAH ANNISA 1929-1950 M)
16120020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN ISLAM BAGI PEREMPUAN DI KESULTANAN SIAK SRI INDRAPURA RIAU SUMATERA: STUDI SEJARAH TENTANG MADRASAH ANNISA 1929-1950 M)
16120020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Madrasah Annisa merupakan sekolah berbasis agama khusus perempuan pertama di Siak. Madrasah ini didirikan oleh permaisuri kedua Kesultanan Siak, Tengku Maharatu Syarifah Fadlun pada tahun 1929. Di tengah hiruk-pikuk sekolah-sekolah yang dibangun Belanda, Madrasah Annisa mendapatkan perhatian dan diterima dengan baik oleh masyarakat Siak pada masa itu. Penelitian ini difokuskan pada alasan Madrasah Annisa didirikan, perkembangan dan kontribusinya bagi perempuan Melayu Riau di Kesultanan Siak. Untuk mengkaji masalah tersebut, peneliti menggunakan pendekatan sosiologi keagamaan serta teori Fungsional yang dicetuskan oleh Emile Durkheim. Penelitian ini menggunakan metode sejarah dengan empat tahap, yaitu: heuristik atau pengumpulan sumber, verifikasi yang merupakan kritik terhadap sumber yang sudah terkumpul, kemudian interpretasi atau penafsiran sumber dan yang terakhir historiografi, yakni penulisan sejarah. Pendirian Madrasah Annisa dimaksudkan untuk memberi bekal ilmu keagamaan kepada kaum perempuan pada masa itu. Hal ini dilatarbelakangi oleh kondisi perempuan Siak yang belum memperoleh kesempatan untuk mengakses ilmu agama secara memadai. Madrasah Annisa memberikan kontribusi bagi masyarakat sekitar dalam bidang sosial-budaya, agama maupun pendidikan. Madrasah Annisa juga membangun kerjasama dengan sekolah perempuan di daerah lain untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dan pengajaran, sehingga murid-murid Madrasah Annisa dapat mengakses berbagai macam ilmu pengetahuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Maharsi, M.Hum
Uncontrolled Keywords: pendidikan perempuan, Madrasah Annisa, perempuan Melayu
Subjects: Islam di Indonesia
WANITA DALAM ISLAM
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 18 Mar 2021 06:24
Last Modified: 21 Jun 2021 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42174

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum