KEBIJAKAN PENGELOLAAN ANGGARAN DANA DESA DALAM PROGRAM PELATIHAN PENGGEMUKAN KAMBING DI DESA KALIMANGGIS KECAMATAN SUBAH KABUPATEN BATANG

M. ULUL ALBAB, NIM.: 14230037 (2020) KEBIJAKAN PENGELOLAAN ANGGARAN DANA DESA DALAM PROGRAM PELATIHAN PENGGEMUKAN KAMBING DI DESA KALIMANGGIS KECAMATAN SUBAH KABUPATEN BATANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN PENGELOLAAN ANGGARAN DANA DESA DALAM PROGRAM PELATIHAN PENGGEMUKAN KAMBING DI DESA KALIMANGGIS KECAMATAN SUBAH KABUPATEN BATANG)
14230037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN PENGELOLAAN ANGGARAN DANA DESA DALAM PROGRAM PELATIHAN PENGGEMUKAN KAMBING DI DESA KALIMANGGIS KECAMATAN SUBAH KABUPATEN BATANG)
14230037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Banyak potensi yang ada di Desa Kalimanggis, yaitu tersedianya bambu yang berlimpah, tenaga swadaya masyarakat, tenaga masyarakat yang produktif belum diberdayakan secara optimal untuk kesejahteraan masyarakat. Guna mengoptimalkan potensi yang ada mengangkat petani perempuan untuk diberdayakan melalui program pelatihan penggemukan kambing melalui Dana Desa dengan memanfaatkan potensi lokal. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan perencanaan program Pelatihan penggemukan kambing di Desa Kalimanggis; (2) mendeskripsikan pelaksanaan program program Pelatihan penggemukan kambing di Desa Kalimanggis; (3) mendeskripsikan evaluasi program Pelatihan penggemukan kambing di Desa Kalimanggis; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di Desa Kalimanggis, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang. Subjek penelitian yang penulis gunakan yaitu pengurus dan peserta pelatihan guna mendapatkan data-data yang relevan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik pengamatan dan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari program pelatihan penggemukan kambing, yaitu: 1) perencanaan program terdiri dari identifikasi kebutuhan, tujuan, kurikulum, rekutmen sumber belajar, rekutmen peserta didik, program kerja, penggalian data, sarana dan prasarana, sumber dana program pelatihan penggemukan kambing, 2) pelaksanaan program terdiri dari waktu kegiatan, jangka waktu kegiatan, tempat kegiatan, peserta pelatihan, tutor pelatihan, metode pelatihan, materi pelatihan, media pelatihan yang menunjang pelatihan penggemukan kambing, 3) evaluasi program terdiri dari penilaian dan pendampingan guna memberikan tindak lanjut program. Berdasarkan hasil penelitian ditarik kesimpulan bahwa dalam program penggemukan kambing sangat diperlukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program agar tujuan yang ingin dicapai terlaksana. Program penggemukan kambing adalah program yang diajukan secara bottom-up sesuai dengan keinginan masyarakat berjalan dengan baik dan mengalami kemajuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Siti Aminah S.Sos.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Dana Desa, Pelatihan Penggemukan Kambing, Desa Kalimanggis
Subjects: Pembangunan Desa
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 26 Mar 2021 22:12
Last Modified: 23 Jun 2021 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42198

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum