KONTRIBUSI KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) BADAN SOSIAL MARDI WUTO TERHADAP WIRAUSAHA DIFABEL NETRA DI KOTA YOGYAKARTA

Wildan Aulia Rizqi Ramadhan, NIM.: 14230043 (2020) KONTRIBUSI KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) BADAN SOSIAL MARDI WUTO TERHADAP WIRAUSAHA DIFABEL NETRA DI KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) BADAN SOSIAL MARDI WUTO TERHADAP WIRAUSAHA DIFABEL NETRA DI KOTA YOGYAKARTA)
14230043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PU.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) BADAN SOSIAL MARDI WUTO TERHADAP WIRAUSAHA DIFABEL NETRA DI KOTA YOGYAKARTA)
14230043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (949kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kemiskinan yang dialamioleh difabel netra. difabel netra berupaya untuk mengatasi kemiskinan yang dihadapi dengan berwirausaha. Namun difabel netra mengalami kesulitan untuk mengakses permodalan. Badan Sosial Mardi Wuto sebagai lembaga yang berkonsentrasi pada pemberdayaan difabel netra,hadir melalui koprasi simpan pinjam. Penelitian ini berusaha untuk mencari tahu tentang proses yang dilakukan oleh koperasi simpan pinjam dalam memberdayakan wirausaha, dan hasil dari proses yang dilakukan oleh koperasi simpan pinjam dalam memberdayakanwirausaha. Penelitian ini berbentuk kualitatif, dengan mengambil lokasi di Badan Sosial Mardi Wuto.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, serta dokumentasi. Wawancaradilakukan kepada 4 informan. Reabilitas dan validitas data dengan caratriangulasi sumber data. Penelitian ini menemukan bahwa koperasi simpan pinjam Badan Sosial Mardi Wuto telah memberikan dua kontribusi. Adapun bentuk kontribusinya yaitu dengan memberikan modal pinjaman dengan bungarendah, dan pembinaan kewirausahaan. Dari temuan tersebut, makahasil kontribusi yang di dapat yaitu pertama difabel netra terbantu dalam segi permodalan, sehingga dapat membeli sarana usaha. Danyang kedua difabel netra dapat menjalankan wirausahanya dengan baik, sehingga dapat menarik konsumen. Difabel netra juga memperolehkeuntungan. Keuntungan yang diperoleh dijadikan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Selain dua hasil tersebut, ada pula hasil-hasilpartisipatif. Hasil partisipatif diperoleh, ketika menjadi anggota koperasi simpan pinjam. Adapun hasil-hasil partisipatif itu diantaranya; memperoleh sisa hasil usaha, memperoleh hadiah apabila disiplin dalam menaati aturan, dan memperoleh tunjangan hari raya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Aminah S.Sos.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Difabel netra, Koperasi Simpan Pinjam, Badan Sosial Mardi Wuto
Subjects: DISABILITAS
Koperasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Mar 2021 22:03
Last Modified: 10 May 2023 07:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42203

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum