HUBUNGAN INTENSITAS MEMBACA RUBRIK MUTIARA HATI PADA MAJALAH KUNTUM DAN RELIGIUSITAS SISWA SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA

Putri Shakinah Ayuningtiyas, NIM.: 15210020 (2020) HUBUNGAN INTENSITAS MEMBACA RUBRIK MUTIARA HATI PADA MAJALAH KUNTUM DAN RELIGIUSITAS SISWA SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN INTENSITAS MEMBACA RUBRIK MUTIARA HATI PADA MAJALAH KUNTUM DAN RELIGIUSITAS SISWA SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA)
15210020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN INTENSITAS MEMBACA RUBRIK MUTIARA HATI PADA MAJALAH KUNTUM DAN RELIGIUSITAS SISWA SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA)
15210020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Remaja saat ini banyak yang lebih aktif menggunakan media, sehingga muncul gaya dan cara baru kehidupan yang memicu kenakalan remaja. Lingkungan sekitar memiliki peranan penting dalam terwujudnya religiusitas pada remaja, seperti keluarga, saudara, teman sekolah, teman bermain, guru dan kerabat dekat lainnya yang merupakan unsur penting terbentuknya tingkat religiusitas pada remaja. Begitu juga bacaan baik akan menstimulus sesuatu yang baik dan sebaliknya pula. Untuk itu dibutuhkan keyakinan dan pengamalan yang kuat terhadap ajaran-ajaran agama agar mengurangi perilaku kenalan pada remaja. Majalah Kuntum hadir dengan rubrik Mutiara Hati berisikan konten-konten dakwah islam yang berperan sebagai media pelajar islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas membaca rubrik Mutiara Hati pada Majalah Kuntum dan religiusitas siswa SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta menggunakan penelitian kuantitatif. Teori yang digunakan adalah intensitas membaca, religiusitas dan teori efek media. Jumlah populasi sebanyak 131 siswa dan diperoleh sample 67 siswa yang memenuhi syarat dengan metode random sampling pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan kuesioner tertutup untuk pengumpulan data. Adapun analisis yang digunakan adalah kolerasi Person Product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara intensitas membaca rubrik Mutiara Hati pada Majalah Kuntum dan religiusitas siswa SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Berdasarkan hasil uji product Moment sebesar 0,809 menunjukkan hubungan positif dan searah serta termasuk pada tingkatan hubungan sangat kuat, artinya semakin tinggi intensitas membaca rubrik Mutiara Hati pada Majalah Kuntum maka semakin tinggi pula religiusitas siswa SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nanang Mizwar Hasyim, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: religiusitas, efek media massa, Majalah Kuntum
Subjects: Perpustakaan > Minat Baca
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Mar 2021 11:54
Last Modified: 28 Jun 2021 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42207

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum