REPRESENTASI KECANTIKAN WANITA MUSLIMAH PADA IKLAN SKINCARE NAMEERAAQUATIC BOTANICAL DAN SAFI RESEARCH INSTITUTE (Analisis Semiotik Charles Sanders Pierce)

Adellia Kristina Dewi, NIM.: 15210058 (2020) REPRESENTASI KECANTIKAN WANITA MUSLIMAH PADA IKLAN SKINCARE NAMEERAAQUATIC BOTANICAL DAN SAFI RESEARCH INSTITUTE (Analisis Semiotik Charles Sanders Pierce). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REPRESENTASI KECANTIKAN WANITA MUSLIMAH PADA IKLAN SKINCARE NAMEERAAQUATIC BOTANICAL DAN SAFI RESEARCH INSTITUTE (ANALISIS SEMIOTIK CHARLES SANDERS PIERCE))
15210058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (REPRESENTASI KECANTIKAN WANITA MUSLIMAH PADA IKLAN SKINCARE NAMEERAAQUATIC BOTANICAL DAN SAFI RESEARCH INSTITUTE (ANALISIS SEMIOTIK CHARLES SANDERS PIERCE))
15210058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi, membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi. Televisi juga termasuk salahh satu hasil kemajuan teknologi komunikasi yang mampu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Media elektronik televisi juga menyajikan berbagai jenis iklan produk. Kekuatan televisi dapat mengkonstruksi serta mempengaruhi masyarakat ketika menyampaikan pesan sebab menampilkan iklan secara audio dan visual yang memiliki pengaruh besar dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Begitu pula dengan iklan skincare Nameera Aquatic Botanical dan Safi Research Institute yang menggunakan media elektronik televisi dalam memberikan informasi dan mempengaruhi masyarakat. Sama halnya iklan skincare Nameera Aquatic Botanical dan Saafi Research Institute merupakan bagian hasil konstruksi dari media elektronik televisi. Iklan skincare Nameera Aquatic Botanical dan Safi Research Institute menggambarkan kecantikan ideal pada wanita muslimah dengan wajah yang mulus, bersih, kulit yang putih, serta tubuh yang ramping. Padahal kecantikan merupakan suatu hal yang relatif. Kemudian muncul rumusan pertanyaan bagaimana ikon, indeks, simbol kecantikan wanita muslimah pada iklan skincare Nameera Aquatci Botanical dan Safi Research Institute, serta apa yang menjadi perbedaan representasi kecantikan wanita muslimah pada iklan skincare Nameera Aquatic Botanical dan Safi Research Institute. Dalam konteks penelitian ini, tinjauan teoritis yang digunakan adalah teori semiotik menurut Charles Sanders Pierce dengan melihat tanda ikon, indeks, dan simbol. Serta metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitiam analisis isi kritik dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu bersumber dari iklan Nameera Aquatic Botanical dan Safi x Research Institute yang digabungkan dari buku-buku teoritis yang membahas mengenai iklan dan kecantian. Kemudian kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah dalam iklan skincare Nameera Aquatic Botanical dan Safi Research Institute terdapat beberapa jenis kecantikan yang direpresentasikan melalui model pemeran wanita muslimah pada kedua iklan tersebut. Mulai kecantikan wajah, kecantikan tubuh, serta busana yang dikenakan oleh model pemeran wanita muslimah. Konsep kecantikan tersebut dapat mengkonstruksikan pandangan masyarakat terhadap kecantikan yang ideal. Sedangkan secara Islam kecantikan wanita tidak hanya semata-mata dilihat dari fisiknya, namun juga dari hatinya. Serta perbedaan representasi kecantikan wanita muslimah pada iklan skincare Nameera Aquatic Botanical dan Safi Research Institute yang diperoleh yaitu dari kedua iklan tersebut memiliki kesamaan. Yang mana menggambarkan kecantikan wanita muslimah dengan bentuk wajah dan tubuh yang serupa berdasarkan model iklan yang mereka gunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Anisah Indriati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: wanita muslimah, kecantikan, iklan skincare,
Subjects: WANITA DALAM ISLAM
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Mar 2021 14:06
Last Modified: 28 Jun 2021 10:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42209

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum