BIMBINGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP N 2 SEWON BANTUL

Vivi Rinardi, NIM.: 15220007 (2020) BIMBINGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP N 2 SEWON BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP N 2 SEWON BANTUL)
15220007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP N 2 SEWON BANTUL)
15220007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan interaksi sosial siswa yang seharusnya dimiliki oleh siswa kelas VIII dilihat dari perilaku sosial siswa yang rendah terhadap teman sebaya, guru dan lingkungan sekolahnya. dalam mengatasi permasalahan ini, maka guru bimbingan dan konseling sangat diperlukan dalam komponen penyelesaian masalah. Salah satunya asalah dengan penggunaan bimbingan pendekatan behavioral dengan berbagai teknik-tekniknya. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan teknik-teknik pendekatan behavioral untuk meningkatkan keterampilan interaksi sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sewon Bantul. Fokus penelitian ini adalah teknik-teknik bimbingan behavioral. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan (field research). Subjek dari penelitian ini adalah 2 guru bimbingan konseling, 1 guru walikelas, dan 2 siswa kelas VIII. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data berupa catatan observasi, hasil wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik-teknik behavioral yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan interaksi sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sewon Bantul adalah teknik penokohan (modeling), teknik penguatan positif (positive reinforcement), dan teknik hukuman (punishment).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Bimbingan Konseling
Sosial, Interaksi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 Mar 2021 08:28
Last Modified: 28 Jun 2021 10:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42212

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum