DAMPAK PROGRAM BERAS SEJAHTERA (RASTRA) TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL PENERIMA MANFAAT (STUDI KASUS MASYARAKAT PRA SEJAHTERA DI DUSUN KEPERING NGAWONGGO MAGELANG)

Reniyati, NIM.: 15250089 (2020) DAMPAK PROGRAM BERAS SEJAHTERA (RASTRA) TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL PENERIMA MANFAAT (STUDI KASUS MASYARAKAT PRA SEJAHTERA DI DUSUN KEPERING NGAWONGGO MAGELANG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PROGRAM BERAS SEJAHTERA (RASTRA) TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL PENERIMA MANFAAT (STUDI KASUS MASYARAKAT PRA SEJAHTERA DI DUSUN KEPERING NGAWONGGO MAGELANG))
1Y4KYW~H.PDF - Accepted Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PROGRAM BERAS SEJAHTERA (RASTRA) TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL PENERIMA MANFAAT (STUDI KASUS MASYARAKAT PRA SEJAHTERA DI DUSUN KEPERING NGAWONGGO MAGELANG))
104ERB~D.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Bantuan sosial merupakan salah satu jenis upaya pemerintah untuk mengentaskan permaslahan kemiskinan yang ada di masyarakat. Bantuan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat terlebih pada segi ekonomi. Dalam hal ini pemerintah berharap dengan adanya bantuan sosial ini bisa meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat. Salah satu bantuan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat yakni bantuan Rastra (Program Beras Sejahtera) yang ada di daerah Magelang. Dalam pelaksanaannnya selain memberikan bantuan berupa sembako, juga mampu menunjukkan dampak ataupun bentuk implementasi Rastra bagi masyarakat. Penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “Dampak Program Beras Sejahtera (Rastra) Terhadap Kesejahteraan Sosial Penerima Manfaat” di Dusun Kepering Ngawonggo. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk bantuan Rastra dan bagaimana dampak yang dihasilkan dari adanya Bantuan Rastra bagi kehidupan masyarakat penerima manfaat bantuan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitattif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reseach). Penyajian yang penulis lakukan adalah berupa transkip maupun kutipan wawancara dari informan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam dan studi dokumen. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, adanya program Rastra di Dusun Kepering Kec. Kaliangkrik Kab. Magelang pertama Implementasi program Rastra di Dusun Kepering menunjukkan beberapa point yakni koordinasi antara kelompok penerima bantuan yang sudah bagus, watak dan sikap dari aparat penentu calon penerima bantuan secara pelaksanaan belum sepenuhnya akurat, sumberdaya belum mampu meng cover data yang begitu banyak, struktur birokrasi dimulai dari tim Koordinasi Rastra pusat Kabupaten magelang kemudian tim Koordinasi Rastra Kecamatan Kaliangkrik dan tim Pelaksana Rastra Desa Ngawonggo. Dampak positif dibidang ekonomi membantu kebutuhan pangan pokok sehari, menambah pendapatan bagi pengusaha kecil, mengurangi pengeluaran, mengurangi tingkat emosinal negatif masyarakat. Dampak negatif, merenggangnya rasa kekeluargaan, tidak tepat sasaran penyaluran bantuan, kecemburuan sosial dan tidak sesuainya tujuan bantuan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs, Lathiful Khuluq, MA., BSW., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Sosial, Program Beras Sejahtera (RASTRA), Bantuan Sosial
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Local Wisdom - Kebijakan Lokal
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Jun 2021 14:15
Last Modified: 13 Dec 2022 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42219

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum