PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DENGAN METODE ACTIVE LEARNING DI MAN GANDEKAN BANTUL

LINA NORMAWITA RISTI ZULIANDRI NIM. 06410090, (2010) PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DENGAN METODE ACTIVE LEARNING DI MAN GANDEKAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DENGAN METODE ACTIVE LEARNING DI MAN GANDEKAN BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (878kB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DENGAN METODE ACTIVE LEARNING DI MAN GANDEKAN BANTUL)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa idealnya dengan penerapan metode active learning dalam pembelajaran dapat membuat pembelajaran menjadi kondusif, menyenangkan dan siswa aktif secara keseluruhan sehingga mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran secara maksimal. Namun kenyataannya, meskipun dalam pembelajaran Aqidah Akhlak sudah menerapkan beberapa metode active learning, tetapi realisasi pembelajaran di kelas kurang maksimal (kurang kondusif).Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah mengapa pembelajaran Aqidah Akhlak dengan metode active learning belum kondusif dan bagaimana proses pembelajaran Aqidah Akhlak dengan metode active learning di MAN Gandekan Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang proses pembelajaran Aqidah Akhlak dengan metode active learning serta penyebab belum kondusifnya pembelajaran Aqidah Akhlak dengan metode active learning di MAN Gandekan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MAN Gandekan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara terpimpin, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Metode Active Learning yang digunakan dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MAN Gandekan Bantul adalah Action Learning, Quiz Team, Indeks Card Match, Information Search, Telling Story, dan Resitasi. (2) Penerapan metode active learning di MAN Gandekan Bantul kurang maksimal, terbukti bahwa realisasi pelaksanaan metode di kelas belum mampu membuat suasana pembelajaran menjadi kondusif. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor, yaitu: 1) Kondisi siswa yang belum siap untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dan melaksanakan metode sesuai dengan instruksi dari guru serta susah dikondisikan, 2) Siswa kurang memusatkan perhatian (konsentrasi pikiran) terhadap apa yang sedang dipelajari dan tidak berusaha menjauhkan hal-hal yang mengganggu konsentrasi, 3) Guru mempunyai persepsi yang berbeda berkenaan dengan penerapan metode, 4) Guru kurang bisa menerapkan metode pembelajaran sesuai dengan acuan prosedur yang telah ada, 5) Guru kurang mampu berkreasi dalam penerapan metode pembelajaran dan terkadang mengabaikan kedalaman materi karena terlalu berorientasi pada keaktifan siswa, 6) Guru kurang mampu mengelola kelas dengan baik, 7) Guru kurang memanfaatkan media yang dapat menunjang proses pembelajaran. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sangkot Sirait, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Aqidah Akhlak, metode Active Learning
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 31 Aug 2012 18:42
Last Modified: 31 Aug 2012 18:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4227

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum