IDENTIFIKASI STRESSOR AKADEMIK MAHASISWA YANG TERANCAM DROP OUT DI PRODI KPI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Winda Noor Rohmah, NIM.: 16220074 (2020) IDENTIFIKASI STRESSOR AKADEMIK MAHASISWA YANG TERANCAM DROP OUT DI PRODI KPI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI STRESSOR AKADEMIK MAHASISWA YANG TERANCAM DROP OUT DI PRODI KPI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
16220074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI STRESSOR AKADEMIK MAHASISWA YANG TERANCAM DROP OUT DI PRODI KPI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
16220074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

WINDA NOOR ROHMAH (16220074). Identifikasi Stressor Akademik Mahasiswa yang Terancam Drop Out di Prodi KPI Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya fenomena mahasiswa yang mengalami stress akademik dan terancam drop out. Ketidakmampuan individu dalam mengelola dan coping stress yang baik selain berdampak negatif pada mental dan psikis juga berdampak pada menurunnya proses akademik individu. Mahasiswa yang mengalami stress akademik akan cenderung sulit untuk menyelesaikan tanggung jawab akademik tepat pada waktunya, hal ini tentu berujung pada dikeluarkannya surat peringatan bahkan sampai ancaman DO (drop out) oleh pihak kampus. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi faktor-faktor penyebab stress akademik tiga mahasiswa prodi KPI UIN Sunan Kalijaga yang terancam drop out. Fokus penelitian ini adalah faktorfaktor penyebab stres akademik (stressor akademik). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan (field research). Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data berupa catatan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 8 faktor yang mempengaruhi stress akademik mahasiswa yang terancam drop out. Stressor akademik tersebut dibagi menjadi dua kelompok faktor yaitu faktor internal yang meliputi frustasi, konflik, tekanan, perubahan, dan pemaksaan diri. Dan faktor eksternal yang terdiri dari keluarga, kampus dan lingkungan fisik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zaen Musyrifin, S.Sos.I, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: stressor akademik, kesehatan mental
Subjects: Psikologi
Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 15 Jun 2021 13:51
Last Modified: 15 Jun 2021 13:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42289

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum