TERAPI MUSIK UNTUK MENGURANGI TINGKAT STRES PADA ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ) DI PANTI HAFARA BANTUL YOGYAKARTA

Hani`ah Dwi Agustina, NIM.: 16220099 (2020) TERAPI MUSIK UNTUK MENGURANGI TINGKAT STRES PADA ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ) DI PANTI HAFARA BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TERAPI MUSIK UNTUK MENGURANGI TINGKAT STRES PADA ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ) DI PANTI HAFARA BANTUL YOGYAKARTA)
16220099_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TERAPI MUSIK UNTUK MENGURANGI TINGKAT STRES PADA ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ) DI PANTI HAFARA BANTUL YOGYAKARTA)
16220099_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

HANI`AH DWI AGUSTINA (16220099). Terapi Musik Dalam Mengurangi Tingkat Stress Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Panti Hafara Bantul Yogyakarta: Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus gangguan jiwa di Indonesia yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Gangguan jiwa dapat menyerang siapa saja. Ada juga yang mengatakan bahwa ganggguan jiwa tidak dapat disembuhkan. Sehingga penderitanya pun sering dikucilkan, ditakuti hingga dimusuhi. Untuk mengatasi kondisi tersebut Panti Hafara menerapkan Terapi Musik untuk Mengurangi Tingkat Stress ODGJ yang memang terbukti efektif dan menjadi hiburan bagi mereka. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terapi musik dalam mengurangi tingkat stress Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Fokus pada penelitian ini adalah tahap-tahap terapi musik yang digunakan. Adapun jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan (field research). Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif menggunakan tekhnik pengumpulan data berupa catatan observasi, hasil wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahap-tahap terapi musik yaitu asesmen, rencana perlakuan, pencatatan, evaluasi dan terminasi perlakuan. Asesmen yang dilakukan di panti hafara yaitu dengan melakukan pengamatan dan pengumpulan data pada warga dampingan sebelum diterapi. Rencana perlakuan yang dilakukan di panti hafara yaitu dengan menentukan sasaran dan objektivitas warga dampingan yang akan diterapi. Pencatatan yang dilakukan di panti hafara yaitu dengan mencatat proses terapi musik yang dilakukan. Evaluasi dan Terminasi Perlakuan yang dilakukan yaitu dengan membuat evaluasi secara keseluruhan proses terapi musik termasuk sasaran yang dirancang dan kemajuan yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Abdullah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: terapi musik, kesehatan mental
Subjects: Psikologi
Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 15 Jun 2021 13:57
Last Modified: 15 Jun 2021 13:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42297

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum