KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN DESENSITISASI SISTEMATIK UNTUK MENGATASI PSIKOSOMATIS PASIEN PUSKESMAS 1 KOTAGEDE YOGYAKARTA

Ila Kamila Hi’dayati, NIM.: 16220101 (2020) KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN DESENSITISASI SISTEMATIK UNTUK MENGATASI PSIKOSOMATIS PASIEN PUSKESMAS 1 KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN DESENSITISASI SISTEMATIK UNTUK MENGATASI PSIKOSOMATIS PASIEN PUSKESMAS 1 KOTAGEDE YOGYAKARTA)
16220101_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN DESENSITISASI SISTEMATIK UNTUK MENGATASI PSIKOSOMATIS PASIEN PUSKESMAS 1 KOTAGEDE YOGYAKARTA)
16220101_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ILA KAMILA HI’DAYATI, 16220101 “Konseling Individu dengan Pendekatan Desensitisasi Sistematik untuk mengatasipasien Psikosomatis Puskesmas 1 Kotagede Yogyakarta”.Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebanyakan individu yang tidak menyadari bahwa penyakit fisik bisa disebabkan oleh perasaan cemas yang berlebih ketika individu mengalami masalah hidup. Agar pasien bisa hidup sehat secara jasmani dan rohani serta bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan normal. Berdasarkan latar belakang tersebut bagi pasien yang didiagnosa mengalami psikosomatis perlu melakukan konseling individu, agar masalah yang mempengaruhi kondisi fisik bisa sembuh. Konseling dengan pendekatan desensitisasi sistematis yaitu tahapan konseling dengan menghilangkan stimulus penghasil kecemasan dengan menghadirkan relaksasi yang membuat ketenangan ini diharapkan bisa mengurangi gajala psikosmatis yang dialami pasien. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Tujuannya untuk mengetahui tahapan konseling individu dengan pendekatan desensitisasi sistematik untuk mengatasi psikosomatis. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan pengumpulan data berupa catatan observasi, rekaman hasil wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan penulis yaitu menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahapan konseling individu dengan pendekatan desensitisasi sistematik untuk mengatasi pasien psikosomatis Puskesmas 1 Kotagede Yogyakarta terdiri dari tahapan awal, pertengahan, dan akhir serta pendekatan desensitisasi sistematik dengan relaksasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A. Said Hasan Basri, S. Psi., M. Si
Uncontrolled Keywords: konseling individu, desentisasi sistematik
Subjects: Psikologi
Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 15 Jun 2021 13:59
Last Modified: 15 Jun 2021 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42298

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum