PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS PELAYANAN KESEHATAN OLEH RUMAH SEHAT BAZNAS DI DUSUN SULANG KIDUL, PATALAN, JETIS, BANTUL

Faiza, NIM.: 1623024 (2020) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS PELAYANAN KESEHATAN OLEH RUMAH SEHAT BAZNAS DI DUSUN SULANG KIDUL, PATALAN, JETIS, BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS PELAYANAN KESEHATAN OLEH RUMAH SEHAT BAZNAS DI DUSUN SULANG KIDUL, PATALAN, JETIS, BANTUL)
16230024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS PELAYANAN KESEHATAN OLEH RUMAH SEHAT BAZNAS DI DUSUN SULANG KIDUL, PATALAN, JETIS, BANTUL)
16230024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kesejahteraan merupakan suatu kondisi yang menjadi harapan setiap orang, baik secara individu maupun kelompok. Pemberdayaan merupakan proses yang dilakukan untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan potensi yang ada di masyarakat. Dalam hal ini Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta sebagai salah satu lembaga yang melaksanakan pemberdayaan di bidang Kesehatan. Untuk mewujudkan kesejahteraan di bidang kesehatan Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta melakukan pemberdayaan di beberapa dusun salah satunya di Dusun Sulang Kidul. Dalam penelitian ini peneliti mengkaji bagaimana proses dan hasil yang dilakukan oleh Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta dalam melakukan pemberdayaan kesehatan di Dusun Sulang Kidul. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam menentukan informan atau sumber data peneliti menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik Triangulasi. Hasil penelitian tehadap pemberdayan berbasis pelayanan kesehatan oleh Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta di Dusun Sulang Kidul adalah proses pemberdayaan yang dilaksanakan di Dusun Sulang Kidul yaitu persiapan, Assesment, perencanaan kegiatan, merumuskan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, dan Evaluasi. Sedangkan hasil pemberdayaan yang dilaksanakan di Dusun Sulang Kidul yaitu Dusun Sulang Kidul di launching menjadi dusun Sehat, Dusun dengan Lingkungan bersih dan sehat, Dusun Sulang Kidul tertata rapi, Masyarakat menjadi lebih produktif, dan Masyarakat sadar akan pentingnya menjaga kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moh. Abu Suhud, M.pd.
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan masyarakat, kesehatan masyarakat
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 14 Jun 2021 14:29
Last Modified: 14 Jun 2021 14:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42300

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum