STUDI APLIKASI KURIKULUM BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009

MOH. SAIFUL ANAM NIM. 04420885, (2010) STUDI APLIKASI KURIKULUM BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STUDI APLIKASI KURIKULUM BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (653kB) | Preview
[img] Text (STUDI APLIKASI KURIKULUM BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)

Abstract

Penyusunan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkap bagaimana proses aplikasi kurikulum bahasa Arab yang ada di SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman Yogyakarta dengan menggunakan metode analisis deduktif; adakah problematika yang dihadapi dalam aplikasi kurikulum tersebut; dan untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan oleh guru bahasa Arab dan juga sekolah untuk mengatasi problematika yang muncul. Dengan adanya penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pihak-pihak yang concern di pendidikan khusunya SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman Yogyakarta yang menjadi lokasi penelitian ini. Penelitian yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman Yogyakarta merupakan penelitian kualitatif, dan sifat penelitian ini adalah deskriptif-analitis. Dalam mendeskripsikan data, penyusun menggunakan metode analisis deduktif yaitu dengan cara menganalisa data yang bersifat umum untuk diambil kesimpulan yang bersifat khusus dan metode analisis induktif untuk menganalisa data-data yang bersifat khusus dengan mencari kesamaan dari beberapa data untuk diambil kesimpulan yang bersifat umum. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman Yogyakarta mengaplikasikan KTSP ISMUBA yang memuat mata pelajaran al-Islam, ke-Muhammadiyahan, dan bahasa Arab dari Majelis Dikdasmen PWM DIY, penerapan kurikulum ini bisa dikatakan kurang maksimal karena masih ditemukan permasalahan-permasalahan yang bisa menghambat proses pembelajaran seperti kurangnya tenaga pendidik bahasa Arab, belum dilaksanakannya prinsip-prinsip KTSP secara utuh. Tentang problematika yang dihadapi dalam proses aplikasi kurikulum ada tiga macam, yaitu organisasional yang menyangkut peraturan tentang pembagian jam pelajaran dengan kebutuhan di jam pelajaran kelas, kurangnya ketersediaan alat dan instrumen pendidikan, dan kurang siapnya komponen-komponen yang ada untuk mengaplikasikan kurikulum tersebut secara maksimal. Usaha-usaha yang dilakukan oleh guru mata pelajaran bahasa Arab adalah: pertama; mengusulkan kepada pengurus sekolah dan untuk memberikan jam tambahan bagi pengajaran bahasa Arab, kedua; mengusulkan kepada sekolah untuk membuat peraturan agar terciptanya lingkungan berbahasa/bi'ah lughowiyah, ketiga; terus melakukan penyampaian pengumuman seperti penggunaan bahasa Arab di luar jam pelajaran, dan keempat; menyuruh dan mempersilahkan siswa untuk memfotocopy buku bahasa Arab dari teman mereka yang sudah mempunyai buku tersebut. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Asrori Saud, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 04 Sep 2012 21:53
Last Modified: 05 Apr 2017 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4232

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum