PROSES PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENERAPAN APLIKASI BELANJA TERENCANA (B TER) DI DESA NIBUNG, KECAMATAN GUNUNG PELINDUNG, LAMPUNG TIMUR

Senja Septia, NIM.: 16230061 (2020) PROSES PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENERAPAN APLIKASI BELANJA TERENCANA (B TER) DI DESA NIBUNG, KECAMATAN GUNUNG PELINDUNG, LAMPUNG TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROSES PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENERAPAN APLIKASI BELANJA TERENCANA (B TER) DI DESA NIBUNG, KECAMATAN GUNUNG PELINDUNG, LAMPUNG TIMUR)
16230061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROSES PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENERAPAN APLIKASI BELANJA TERENCANA (B TER) DI DESA NIBUNG, KECAMATAN GUNUNG PELINDUNG, LAMPUNG TIMUR)
16230061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Senja Septia, Proses Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penerapan Aplikasi Belanja Terencana di Desa Nibung Kecamatan Gunung Pelindung, Lampung Timur. Skripsi,Yogyakarta: Prodi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kemiskinan adalah salah satu masalah yang paling banyak terjadi diseluruh pedesaan termasuk di Desa Nibung Lampung Timur, salah satu penyebab kemiskinan yang ada yaitu perihal penghasilan yang didapatkan tidak dapat memenuhi kebutuhan rumah tangganya, maka dari itu program B TER hadir di Desa Nibung untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara memberdayakannya melalui aplikasi belanja terencana ini, metode pengaplikasiannya menggunakan sampah yang ditabung di bank sampah dan dapat ditukar dengan uang untuk berbelanja di aplikasi B TER, serta limbah dompet yang juga dapat dikumpulkan dan dicicil untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga di aplikasi B TER. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perihal proses yang dilakukan oleh B TER serta bagaimana dampak yang diarasakan oleh masyarakat Desa Nibung dengan adanya program tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan yaitu menggunakan triangulasi dan dianalisis dengan melalui proses reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa proses pemberdayaan yang dilakukan oleh B TER dibagi menjadi tiga tahap yaitu penyadaran yang dilakukan B TER melalui ibu Esti, kedua pengkapasitasan dengan melakukan sosialisasi kepada calon agensi baru, ketiga pendayaan dengan cara memberikan kemudahan serta otiritas kepada konsumen untuk berbelanja kebutuhan rumah tangganya di B TER. Dari proses tersebut terdapat tiga dampak yang terjadi. Pertama, dengan adanya B TER dapat membuat masyarakat selalu siap untuk menghadapi kebutuhan hari-hari raya besar. Kedua, dengan program tersebut dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dari segi pendapatan, karena bagi mereka yang menjadi MKP dan agensi berhak mendapatkan sisa hasil usaha sebesar 10%. Ketiga, menjadikan masyarakat peduli terhadap sampah dan lebih memperhatikannya, karena dengan sampah mereka bisa berbelanja kebutuhan mereka di aplikasi B TER. Secara kesuluruhan program B TER yang dilaksanakan di Desa Nibung sudah berjalan cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra.Hj.Siti Syamsiatun, M.A.,Ph.D.
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan masyarakat, perkembangan teknologi
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 11 Jun 2021 10:07
Last Modified: 11 Jun 2021 10:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42329

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum