SISTEM PEMBAGIAN BONUS DI HERBA PENAWAR AL-WAHIDA INTERNATIONAL CENTER (HPAIC) MERAPI YOGYAKARTA TAHUN 2019

Fitria Dwi Cahyaningtyas, NIM.: 16240068 (2020) SISTEM PEMBAGIAN BONUS DI HERBA PENAWAR AL-WAHIDA INTERNATIONAL CENTER (HPAIC) MERAPI YOGYAKARTA TAHUN 2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SISTEM PEMBAGIAN BONUS DI HERBA PENAWAR AL-WAHIDA INTERNATIONAL CENTER (HPAIC) MERAPI YOGYAKARTA TAHUN 2019)
16240068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (SISTEM PEMBAGIAN BONUS DI HERBA PENAWAR AL-WAHIDA INTERNATIONAL CENTER (HPAIC) MERAPI YOGYAKARTA TAHUN 2019)
16240068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Fitria Dwi Cahyaningtyas, 16240068, Sistem Pembagian Bonus di Herba Penawar Al-Wahida International Center (HPAIC) Merapi Yogyakarta Tahun 2019, Skripsi. Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Latar belakang dari penelitian ini adalah sistem pembagian bonus di HPAIC Merapi belum berjalan dengan baik, sehingga dapat mempengaruhi semangat dan motivasi kerja agen. Hal tersebut terlihat dari keterlambatan dalam pentransferan bonus ke rekening agen dan perubahan kebijakan tentang pencairan bonus, yaitu apabila poin yang didapatkan agen tidak mencapai jumlah yang ditentukan, maka bonus tidak dapat dicairkan dan akan hangus. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem pembagian bonus di Herba Penawar Al-Wahida International Center (HPAIC) Merapi Yogyakarta tahun 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pembagian bonus di Herba Penawar Al-Wahida International Center (HPAIC) Merapi Yogyakarta tahun 2019. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pengurus, karyawan, dan agen. Objek penelitian ini adalah seluruh kegiatan yang berkaitan dengan sistem pembagian bonus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan sistem pembagian bonus di HPAIC Merapi kurang baik. Hal tersebut dibuktikan dengan tidak terpenuhinya syarat pembagian bonus menurut syariah di HPAIC Merapi. HPAIC Merapi kurang terbuka karena para agen tidak diajak musyawarah dalam menentukan sistem pembagian bonus dan pengelolaan keuangan tidak transparan. Pada syarat berorientasi kepada al-falah (keuntungan dunia dan akhirat) juga kurang sesuai karena zakat di HPAIC Merapi tidak ada, namun HPAIC Merapi hanya melakukan sedekah saja. Selain itu, HPAIC Merapi juga memiliki kendala yaitu adanya keterlambatan dalam pembagian bonus. Sedangkan penerapan ju’alah di HPAIC Merapi sudah baik. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya kesesuaian antara syarat-syarat ju’alah dengan penerapan ju’alah di HPAIC Merapi dan pertimbangan kriteria pembagian bonus juga sudah sesuai dengan prestasi penjualan produk serta banyaknya downline yang dibina.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nurmahni, M.Ag
Uncontrolled Keywords: manajemen keuangan, pengobatan herbal
Subjects: Keuangan Islam
Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 11 Jun 2021 14:32
Last Modified: 11 Jun 2021 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42333

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum