IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

MOHAMAD MAHFUD NIM. 05470019, (2010) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (970kB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai bagaimana implementasi manajemen berbasis sekolah dan menganalisis tentang faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi manajemen berbasis sekolah di SMP Muhammadiyah 3 Depok. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan menambah pengetahuan tentang kepemimpinan pendidikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat kualitatif dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah 3 Depok. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara/interview,observasi dan dokumentasi. Analisis terhadap data yang telah diperoleh menggunakan metode cara berfikir Induktif Yaitu suatu cara untuk menarik suatu kesimpulan yang berangkat dari fakta-fakta yang khusus, kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat umum. Hasil dari Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMP Muhammadiyah 3 Depok adalah : (1)efektif, karena hasil yang diperoleh dari implementasi MBS dapat menunjang tercapainya program sekolah. (2)Dalam setiap bidang manajemen yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 3 Depok meliputi beberapa kegiatan yang disesuiakan dengan bidang masing-masing untuk memajukan sekolah. (2)Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi MBS di SMP Muhammadiyah 3 Depok, Pertama faktor pendukungnya yaitu kondisi sekolah yang kondusif untuk melaksanakan proses pembelajaran, hubungan antar personil sekolah harmonis, keungan sekolah lancar, sehingga menunjang terealisainya semua kegiatan dan pengadaan sarana prasarana yang dibutuhkan, hubungan antar warga sekolah maupun dengan orang tua siswa, pengurus komite sekolah dan pengurus BP3 berjalan dengan baik, manajemen disetiap bidangnya efektif dan antusias siswa dalam mengikuti kegiatan sekolah, baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Kedua faktor penghambatnya yaitu dalam sekali tempo terdapat guru atau karyawan yang tidak disiplin, terdapat 3% dari para orang tua siswa yang acuh terhadap kebijakan sekolah dan juga terhadap kemajuan belajar siswa, lahan sekolah terlalu sempit karena satu lingkup dengan SMA Kolombo dan SD Muhammadiyah Kolombo, sehingga untuk pelaksanaan upacara bandera maupun kegiatan ekstrakurikuler lainnya kurang maksimal dan ruang perpustakaan kurang kondusif karena sering digunakan sebagai tempat kesekretariatan mahasiswa praktikan (PPL/KKN Integratif) sehingga mengganggu siswa dalam belajar/membaca di perpustakaan. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Suismanto M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen berbasis sekolah (MBS)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 30 Aug 2012 20:38
Last Modified: 17 Mar 2017 11:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4234

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum