UPAYA PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI PADA PASANGAN BARU NIKAH DI DESA SIDOARUM GODEAN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2018-2019)

Rohana Hubbillah, NIM.: 16350033 (2020) UPAYA PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI PADA PASANGAN BARU NIKAH DI DESA SIDOARUM GODEAN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2018-2019). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI PADA PASANGAN BARU NIKAH DI DESA SIDOARUM GODEAN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2018-2019))
16350033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI PADA PASANGAN BARU NIKAH DI DESA SIDOARUM GODEAN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2018-2019))
16350033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pernikahan merupakan suatu fitrah manusia dan bersifat luhur yang bermakna beribadah kepada Allah SWT dan mengikuti sunnah Rasulullah SAW. Ketentuan normatif dan yuridis telah menjelaskan bahwa pernikahan merupakan jalan menuju kebahagiaan yang hakiki dengan tujuan utama untuk membina keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah agar tercapainya kehidupan yang sejahtera dan tentram lahir dan batin. Pada kenyataannya, tujuan tersebut tidak sesuai dengan catatan perceraian di Yogyakarta yang masih tergolong tinggi. Terbentuknya keluarga sakinah memang tidaklah mudah, butuh upaya sekuat tenaga sejak awal pernikahan dari setiap anggota keluarga. Hal ini menarik penyusun untuk meneliti bagaimana upaya pasangan suami istri yang baru menikah dalam pembentukan keluarga sakinah dan sesuai tidak dengan ketentuan normatif dan yuridis. Fokus penelitian ini adalah pada pasangan baru nikah di Desa Sidoarum, Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Alasan fokus pada pasangan baru nikah karena pada fase pernikahan yang baru terdapat tahapan penyatuan dan penyesuaian antara kedua pribadi yang sebelumnya berpisah kemudian disatukan, sedangkan alasan memilih Desa Sidoarum dikarenakan Desa ini menjuarai lomba program DBKS (Desa Binaan Keluarga Sakinah) tingkat Kabupaten Sleman pada tahun 2019 Penelitian ini merupakan field research atau penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan di Desa Sidoarum Sleman Depok Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini bersifat preskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah wawancara terhadap 10 pasangan baru nikah tahun 20182019. Pendekatan yang digunakaan adalah pendekatan normatif dan yuridis. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan metode berpikir induktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa upaya-upaya yang dilakukan pasangan baru nikah di Desa Sidoarum tahun 2018-2019 untuk membentuk keluarga sakinah adalah mentaati ajaran agama, adanya sikap saling memahami dan menghilangkan sifat egois, meluangkan waktu, menerima apa adanya dan menyesuaikan perbedaan, menjalin komunikasi dengan baik dan menyelesaikan masalah secepatnya, serta melaksanakan hak dan kewajiban. Hal tersebut dapat terlihat bahwa pasangan baru nikah di Desa Sidoarum baik yang telah menjadi WABIN (Warga Binaan) ataupun yang tidak dalam program Desa Binaan Keluarga Sakinah (DBKS) telah berupaya mewujudkan keluarga sakinah yang sesuai dengan ketentuan normatif dan yuridis. Akan tetapi di usia yang masih tergolong muda dalam pernikahan, pasangan baru nikah di Desa Sidoarum masih pada tahap penyatuan dan penyesuaian antara satu dengan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Djazimah, S.Ag., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Pasangan Baru Nikah, Keluarga Sakinah
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Jun 2021 11:07
Last Modified: 16 Jun 2021 11:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42340

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum