PUTUSAN-PUTUSAN PERKARA EKONOMI SYARIAH PENGADILAN AGAMA SEBAGAI YURISPRUDENSI HUKUM ISLAM (STUDI DI WILAYAH PENGADILAN TINGGI AGAMA YOGYAKARTA TAHUN 2011-2018)

FIKRI PATHUROHMAN, NIM. 17203010041 (2020) PUTUSAN-PUTUSAN PERKARA EKONOMI SYARIAH PENGADILAN AGAMA SEBAGAI YURISPRUDENSI HUKUM ISLAM (STUDI DI WILAYAH PENGADILAN TINGGI AGAMA YOGYAKARTA TAHUN 2011-2018). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PUTUSAN-PUTUSAN PERKARA EKONOMI SYARIAH PENGADILAN AGAMA SEBAGAI YURISPRUDENSI HUKUM ISLAM (STUDI DI WILAYAH PENGADILAN TINGGI AGAMA YOGYAKARTA TAHUN 2011-2018))
17203010041_FIKRI PATHUROHMAN, S.H._BAB I_BAB V.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PUTUSAN-PUTUSAN PERKARA EKONOMI SYARIAH PENGADILAN AGAMA SEBAGAI YURISPRUDENSI HUKUM ISLAM (STUDI DI WILAYAH PENGADILAN TINGGI AGAMA YOGYAKARTA TAHUN 2011-2018))
17203010041_FIKRI PATHUROHMAN, S.H._BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Pengadilan Agama di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta merupakan Pengadilan Agama dengan sengketa ekonomi syariah yang cukup tinggi. Berdasarkan penelusuran Penulis di website Mahkamah Agung terdapat 443 putusan ekonomi syariah, terdiri dari 151 putusan wilayah PTA Yogyakarta dari tahun 2011- 2018. Pengadilan Agama di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta sebagai Peradilan Agama yang telah banyak mengadili sengketa ekonomi syariah dimungkinkan terdapat putusan yang menjadi rujukan hakim dalam memutus perkara (yurisprudensi). Karena yurisprudensi merupakan salah satu produk pemikiran hukum Islam sekaligus menjadi sumber hukum. Melihat kondisi tersebut Penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam. Penelitian ini bertujuan mengetahui dasar, faktorfaktor dan karakteristik yang melatarbelakangi putusanputusan ekonomi syariah Pengadilan Agama dan mengetahui putusan-putusan ekonomi syariah mana saja yang mengandung pembaruan di bidang pemikiran hukum Islam yang dihasilkan oleh Pengadilan Agama di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang dilaksanakan dengan meneliti bahan pustaka (library research). Sifat penelitian ini adalah deskriptif. Objek kajian yang diambil adalah putusan ekonomi syariah meliputi akad Murabahah, Musyarakah, Musyarakah Mutanaqisyah, Ijarah Multi Jasa, Mudharabah, dan Rahn. Jumlah putusan ekonomi syariah wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta sebanyak 151 putusan. Di antaranya ditemukan dan didapatkan salinan putusannya dari 151 putusan sebanyak 85 kemudian dijadikan sebagai bahan studi. Putusanputusan tersebut diperoleh dari data yang ada di lapangan lewat dokumentasi tertulis di wilayah hukum pengadilan terkait dan dari website putusan Mahkamah Agung. Adapun hasil dari penelitian ini adalah ada dua karakteristik dari putusan-putusan yang dilahirkan oleh hakim-hakim Pengadilan Agama di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta pada tahun 2011 sampai 2018; Pertama, hakim-hakim di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta berperan menerapkan apa yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan (corong undang-undang). Hakim Pengadilan Agama telah berupaya melakukan ijtihad tathbiqy dengan menerapkan ketentuan yang telah diatur dalam Kompilasi Hukum Ekonomi syari`ah dan fatwa Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSNMUI). Kedua, hakim Pengadilan Agama beranjak meninggalkan ketentuan Undang-Undang dengan berpaling kepada ketentuan fikih. Putusan-putusan ekonomi syariah Pengadilan Agama di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta menilai akad perjanjian yang telah dibuat para pihak sebagai dasar utama dalam memutus perkara dengan merujuk pada fatwa DSN-MUI dan ayat-ayat al-Qur’a>n dan hadis-hadis Nabi sebagai rujukan dan penguat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof.Dr.H. Syamsul Anwar, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta, Putusan Perkara Ekonomi Syariah, Ijtihad, Yurisprudensi .
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam > Syari'ah dan Hukum
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 26 Mar 2021 14:13
Last Modified: 28 Jun 2021 12:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42351

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum