EFEKTIVITAS PELAKSANAAN BIMBINGAN PERKAWINAN BAGI CALON PENGANTIN OLEH KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2019

Taufiqur Rohman, NIM.: 16350057 (2020) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN BIMBINGAN PERKAWINAN BAGI CALON PENGANTIN OLEH KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PELAKSANAAN BIMBINGAN PERKAWINAN BAGI CALON PENGANTIN OLEH KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2019)
16350057_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (23MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PELAKSANAAN BIMBINGAN PERKAWINAN BAGI CALON PENGANTIN OLEH KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2019)
16350057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Efektivitas Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan bagi Calon Pengantin oleh Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya pasangan suami isteri yang menikah, akan tetapi dalam kehidupan keluarganya tidak berlangsung dengan harmonis, bahkan terjadi perceraian. Oleh karena itu perlu adanya bimbingan perkawinan sebelum melangsungkan akad pernikahan dengan tujuan supaya para calon pasangan suami isteri tersebut sudah siap dan matang dalam membangun keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah. Dari latar belakang masalah tersebut saya ingin meneliti bagaimana efektivitas pelaksanaan bimbingan perkawinan bagi calon pengantin. Adapun yang menjadi masalah adalah ada dua. Yang pertama bagaimana efektivitas pelaksanaan bimbingan perkawinan bagi calon pengantin oleh Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul. Yang kedua apa saja faktor penghambat dalam bimbingan perkawinan bagi calon pengantin oleh Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul. Adapun jenis penelitian adalah penelitian Lapangan (field research). Objek penelitian adalalah pelaksanaan bimbingan perkawinan di Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul. Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan yuridis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Setalah data terkumpul langkah selanjutnya adalah analisis data. Berdasarkan hasil penelitian dari penyusun dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan bimbingan perkawinan oleh Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul belum efektif, karena pelaksanaan bimbingan perkawinan yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul ini belum berjalan sesuai aturan yang ada. Hal ini disebabakan oleh sejumlah kendala yang ada dalam pelaksanaan bimbingan perkawinan di Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul diantaranya ketepatan waktu baik peserta maupun narasumber, serta minimnya minat dari peserta bimbingan perkawinan akibat kurangnya sosialisasi dari penyelenggara. adanya kesibukan dari peserta sehingga tidak bisa mengikuti bimbingan perkawinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PROF. DR. H. Khoiruddin Nasution, M.A.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Perkawinan, Calon Pengantin, KEMENAG Kabupaten Gunung Kidul
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan > Bimbingan Perkawinan
Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Jun 2021 10:55
Last Modified: 16 Jun 2021 10:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42355

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum