PERAN SOS CHILDREN’S VILLAGE YOGYAKARTA (STUDI KASUS : PEMENUHAN HAK-HAK ANAK DI DESAKEMADANG, TANJUNGSARI, GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA)

Mei Restu Nur Fatikhah, NIM.: 16250087 (2020) PERAN SOS CHILDREN’S VILLAGE YOGYAKARTA (STUDI KASUS : PEMENUHAN HAK-HAK ANAK DI DESAKEMADANG, TANJUNGSARI, GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN SOS CHILDREN’S VILLAGE YOGYAKARTA (STUDI KASUS : PEMENUHAN HAK-HAK ANAK DI DESAKEMADANG, TANJUNGSARI, GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA))
16250087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERAN SOS CHILDREN’S VILLAGE YOGYAKARTA (STUDI KASUS : PEMENUHAN HAK-HAK ANAK DI DESAKEMADANG, TANJUNGSARI, GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA))
16250087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Mei Restu Nur Fatikhah 16250087, Peran SOS Children’s Village Yogyakarta Studi Kasus: Pememnuhan Hak-Hak Anak di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Skripsi: Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2020. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni-Juli 2020, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pemenuhan hak anak dan apa peran SOS Children’s Village Yogyakarta di Desa Kemadang, Tanjungsari Gunungkidul, ogyakarta.Awal ketertarikan peneliti dilatarbelakangi oleh di ratifikasinya Kepres No. 36 tahun 1990 dan diperkuat oleh UU No. 35 tahun 2014, dengan begitu secara hukum pemerintah wajib untuk memenuhi, melindungi dan menghormati anak-anak di Indonesia. Selain itu banyak lembaga-lembaga sosial yang berjuang untuk kesejahteraan anak termasuk SOS Children’s Village Yogyakarta. Selain itu kondisi awal di Desa Kemadang ini adalah minimnya SDM, minimnya ilmu pengetahuan, tingkat pendidikan dan ekonomi masih rendah, ditambah dengan lokasi jauh dari perkotaan. Kondisi tersebut juga salah satu sasaran dari SOS Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teori pemenuhan hak anak dan peran. Oleh karena itu peneliti mengeksplorasi bagaimana pemenuhan hak anak oleh SOS Children’s Village Yogyakarta dan peran SOS Yogyakarta terhadap Desa Kemadang tersebut. Penelitian ini Peneliti ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitiannya adalah 1 educator SOS Children’s Village Yogyakarta, Ketua Komunitas Garuluku, 1 orang tua anak-anak di Desa Kemadang, 3 anak-anak Komunitas Garuluku. Dalam pengumpulan data digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Diperkuat dengan adanya file document dari pihak informan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan Teknik triangulasi. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran SOS Children’s Village Yogyakarta terhadap pemenuhan hak-hak anak di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta adalah SOS Children’s Village Yogyakarta memberikan suatu program dan kegiatan yang kemudian di dampingi untuk menjalankan program tersebut dengan tujuan untuk mensejahterakan anak-anak terutama dalam hal pemenuhan hak-hak anak di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakrta. Program tersebut yakni Family Strathening Programmes atau penguatan keluarga yang bertujuan untuk kesejahteraan anak. Dalam program dan kegiatan tersebut sebagai wadah bagi anak-anak untuk menyalurkan bakat dan minat. Pemenuhan dari adanya peran SOS Children’s Village Yogyakarta yang menerapkan program tersebut adalah terpenuhinya 10 hak mutlak anak dan 4 hak dasar anak. Selain itu juga Komunitas Garuluku ini mencetak berbagai prestasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Zainudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: lembaga sosial, hak anak
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 14 Jun 2021 13:36
Last Modified: 14 Jun 2021 13:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42362

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum