PELAKSANAAN PEMBERIAN ASI EKSLUSIF BERDASARKAN PERDA NOMOR 1 TAHUN 2014 TENTANG PEMBERIAN ASI EKSLUSIF DI LEMBAGA PELAYANAN KESEHATAN DI KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH

Dias Pramestika Ramdhani, NIM.: 16370023 (2020) PELAKSANAAN PEMBERIAN ASI EKSLUSIF BERDASARKAN PERDA NOMOR 1 TAHUN 2014 TENTANG PEMBERIAN ASI EKSLUSIF DI LEMBAGA PELAYANAN KESEHATAN DI KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PEMBERIAN ASI EKSLUSIF BERDASARKAN PERDA NOMOR 1 TAHUN 2014 TENTANG PEMBERIAN ASI EKSLUSIF DI LEMBAGA PELAYANAN KESEHATAN DI KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH)
16370023_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBERIAN ASI EKSLUSIF BERDASARKAN PERDA NOMOR 1 TAHUN 2014 TENTANG PEMBERIAN ASI EKSLUSIF DI LEMBAGA PELAYANAN KESEHATAN DI KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH)
16370023_BAB-II_BAB-III_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Air Susu Ibu (ASI) adalah sumber gizi utama bagi bayi yang belum bisa mengonsumsi makanan padat. ASI merupakan makanan terbaik yang didapatkan bayi dari seorang ibu. Hal tersebut berdasarkan keterangan dari WHO maupun para ahli kesehatan kandungan. Namun berdasarkan data Susenas tahun 2004-2008 cakupan pemberian ASI ekslusif di Indonesia berfluktuasi dan cenderung mengalami penurunan. Maka dari itu berdasarkan perintah dari Pasal 129 UU Nomor 39 Tahun 2009 Tentang Kesehatan, Pemerintah Daerah Yogyakarta akhirnya mengeluarkan Perda Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemberian Asi Ekslusif. Maka dari itu penelitian yang berjudul “Pelaksanaan Pemberian Asi Ekslusif Berdasarkan Perda Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemberian Asi Ekslusif Di Lembaga Pelayanan Kesehatan Di Kecamatan Kotagede Yogyakarta Perspektif Maṣlaḥah Mursalah” ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Perda Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemberian ASI Ekslusif Di Kecamatan Kotagede Yogyakarta berdasarkan perspektif Mashlahah Mursalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reaserch) dengan pendekatan sosiologis yuridis. Data akan dianalisa dengan metode deskriptif – kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dari data pemberian ASI Ekslusif di Lembaga Pelayanan Kesehatan di Kotagede. Landasan teori yang digunakan adalah Mashlahah Mursalah. kesimpulan bahwa pelaksanaan Perda No 1 Tahun 2014 di Kecamatan Kotagede tidak efektif. Hal tersebut karena alasan alasan para ibu tidak memberikan ASI Ekslusif, faktor faktor penghambat pemberian ASI Ekslusif dan adanya lembaga pelayanan kesehatan yang seharusnya menjadi elemen yang mendukung dan pelaksana Perda tersebut tapi malah tidak mendung serta persentase pemberian ASI Ekslusif di Kecamatan Kotagede dalam ii kurun waktu 3 tahun terkhir yang cenderung mengalami penurunan. Dan dengan menggunakan kaidah Maslahah Mursalah إِطَا ذَؼَادَوَدِ الْوَصَالِخُ قُضِّمَ اْلأعَْلَى هِ هٌَْا وَإِطَا ذَؼَادَوَدِ الْوَفَاؿِضُ قُضِّمَ اْلأسََفُّ هِ هٌَْا maka Perda No 1 Tahun 2014 Tentang Pemberian ASI Ekslusif bermaslahat untuk masyarakat Kotagede.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Jahroh,S.H.I.,M.SI.
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Pemberian ASI Ekslusif, Lembaga Pelayanan Kesehatan
Subjects: Hukum Tata Negara
Kebijakan Publik
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Jun 2021 14:07
Last Modified: 08 Jun 2021 14:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42415

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum