ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KASUS DISERTASI MILK AL-YAMIN OLEH ABDUL AZIZ PADA MEDIA ONLINE REPUBLIKA.CO.ID

FEBTRY SOPAN SOPIAN, Nim 13210034 (2020) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KASUS DISERTASI MILK AL-YAMIN OLEH ABDUL AZIZ PADA MEDIA ONLINE REPUBLIKA.CO.ID. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KASUS DISERTASI MILK AL-YAMIN OLEH ABDUL AZIZ PADA MEDIA ONLINE REPUBLIKA.CO.ID)
13210034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KASUS DISERTASI MILK AL-YAMIN OLEH ABDUL AZIZ PADA MEDIA ONLINE REPUBLIKA.CO.ID)
13210034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Media online mengalami perkembangan yang sangat pesat seiring berjalanya waktu, kecepatanya dalam memberitakan peristiwa melampaui media pendahulunya yaitu surat kabar. Tidak hanya cepat, media onlne juga membuat isu-isu semakin menjadi atau bahkan sebaliknya. Salah satu isu yang berkembang saat ini yaitu isu disertasi Milkul Al-Yamin dimana isu tersebut muncul pada akhir bulan Agustus. Setiap media berbeda-beda dalam mengemas isu tersebut, hal itu dipengaruhi oleh ideologi dan pemilik media yang terlihat dari framing berita yang dilakukan kepada media tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yaitu bagaimana framing berita Disertasi Milkul Al-Yamin di media online Republika.co.id dalam menyampaikan sebuah peristiwa dengan menggunakan analisis framing model Zhongdang Pan dan Kosicki yang memuat unsur sintaksis, skrip, tematik dan retoris. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruksionis dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber utama yang digunakan penelitian ini adalah teks pemberitaan tentang Disertasi pada tanggal 30 Agustus - 12 September 2019. Hasil penelitian menunjukan framing yang dilakukan Republika.co.id terhadap pemberitaan berita Disertasi adalah bahwa hasil dari Disertasi merupakan sebuah kesalahan. Unsur kesalahan dalam berita tersebut terdapat pada struktur Sintaksis dan Retoris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Khadiq, S.Ag., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Framing, media, Disertasi
Subjects: Komunikasi Budaya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 02 Jun 2021 11:56
Last Modified: 02 Jun 2021 11:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42439

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum