FRAME PEMBERITAAN DISERTASI ABDUL AZIZ “KONSEP MILK ALYAMIN MUHAMMAD SYAHRUR SEBAGAI KEABSAHAN HUBUNGAN SEKSUAL NON MARITAL” PADA MEDIA ONLINE REPUBLIKA.CO.ID

M. Anas Tolkah Mansur, NIM 13210053 (2020) FRAME PEMBERITAAN DISERTASI ABDUL AZIZ “KONSEP MILK ALYAMIN MUHAMMAD SYAHRUR SEBAGAI KEABSAHAN HUBUNGAN SEKSUAL NON MARITAL” PADA MEDIA ONLINE REPUBLIKA.CO.ID. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FRAME PEMBERITAAN DISERTASI ABDUL AZIZ “KONSEP MILK ALYAMIN MUHAMMAD SYAHRUR SEBAGAI KEABSAHAN HUBUNGAN SEKSUAL NON MARITAL” PADA MEDIA ONLINE REPUBLIKA.CO.ID)
13210053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (FRAME PEMBERITAAN DISERTASI ABDUL AZIZ “KONSEP MILK ALYAMIN MUHAMMAD SYAHRUR SEBAGAI KEABSAHAN HUBUNGAN SEKSUAL NON MARITAL” PADA MEDIA ONLINE REPUBLIKA.CO.ID)
13210053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tiga bulan terakhir tahun 2019, masyarakat Indonesia dihebohkan viralnya Disertasi yang kontroversi. Disertasi tersebut disusun oleh Abdul Aziz, mengangkat kajian terkait keabsahan hubungan sexsual non marital. Disertasi tersebut tidak sesuai dengan hukum Islam, sehingga gencar diberitakan oleh media massa, salah satunya Republika.co.id yang notabene sebagai Media informasi yang didirikan oleh Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Penelitian ini bertujuan menganalisis pemberitaan disertasi Abdul Aziz dengan judul Frame Pemberitaan Disertasi Abdul Aziz “Konsep Milk Al-Yamin Muhammad Syahrur Sebagai Keabsahan Hubungan Seksual Non Marital” Pada Media Online Republika.co.id. Untuk melihat sikap media online Republika.co.id. Peneliti menggunakan analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Tahapan yang digunakan dalam penelitian ini yakni (1) Anaslisa dokumen, (2) telaah teks. Dalam menganalisa dokumen menemukan 13 pemberitaan pada Republika.co.id. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Republika.co.id berideologi nilai-nilai kesilaman dan nasionalisme, (2) Republika.co.id dalam mengkonstruksi opini publik dilakukan dengan berbagai latar, a) pemilihan sumber berita, b) pemilihan kutipan dari sumber berita, c) retorika penulisan, dan d) penggunaan gambar pendukung pemberitaan. (3) Republika.co.id dalam pemberitaannya membangun citra bahwa disertasi yang disusun oleh Abdul Aziz terkait keabsahan hubungan seksual non marital tidak dapat dijadikan dasar hukum. Setiap pemberitaan yang muncul melalui penekanan kutipan yang menyatakan disertasi tanpa adap dan dedikasi, tidak memiliki dasar yang kuat, sumber refrensi tidak akurat, tidak sesuai fatwa hukum Islam, menimbulkan keresahan, perubahan sosial dengan penyimpangan moral, perubahan budaya dan karakter bangsa serta memperluas dan memperdalam pergaulan bebas. Dalam hal ini, Republika.co.id dengan baik menempatkan teks sesuai dengan ideologi yang disandanganya. Menunjukkan praktik organisasi, ideologi dan membangun, bagaimana sebuah berita bisa bermakna dan berarti bagi khalayak. (4) Republika.co.id dalam pemberitaannya mengambil narasumber dari berbagai kalangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Khoiro Ummatin, S.Ag.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Abdul Aziz, Analisis framing, Disertasi, Non Marital.
Subjects: Komunikasi Budaya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 02 Jun 2021 12:48
Last Modified: 02 Jun 2021 12:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42440

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum