IMPLEMENTASI TABAYYUN DALAM KEPUTUSAN MEMILIH BERITA SEPAK BOLA DI TWITTER (STUDI KELOMPOK SUPORTER BRIGATA CURVA SUD PSS SLEMAN)

AWALUDIN AL’ARIF, NIM. 13210055 (2020) IMPLEMENTASI TABAYYUN DALAM KEPUTUSAN MEMILIH BERITA SEPAK BOLA DI TWITTER (STUDI KELOMPOK SUPORTER BRIGATA CURVA SUD PSS SLEMAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI TABAYYUN DALAM KEPUTUSAN MEMILIH BERITA SEPAK BOLA DI TWITTER (STUDI KELOMPOK SUPORTER BRIGATA CURVA SUD PSS SLEMAN))
13210055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI TABAYYUN DALAM KEPUTUSAN MEMILIH BERITA SEPAK BOLA DI TWITTER (STUDI KELOMPOK SUPORTER BRIGATA CURVA SUD PSS SLEMAN))
13210055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Dewasa ini, pergerakan arus informasi menjadi sangat cepat. Telepon pintar yang kini hamper dimiliki oleh setiap orang, mampu menggali informasi di segala sektor sesuai keinginan pemilik. Termasuk informasi di bidang olahraga sepak bola yang tiap tahunnya masuk ke dalam sepuluh tema olahraga favorit di Twitter. Oleh karena itu supaya tidak terjebak dalam arus informasi dan potensi berita bohong maka diperlukan sikap tabayyun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi tabayyun dalam keputusan memlih berita sepak bola di Twitter oleh kelompok suporter Brigata Curva Sud. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Teori dasar yang digunakan adalah teori aliterasi media. Penelitian ini melakukan wawancara mendalam terhadap sepuluh informan dengan kriteria tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anggota Brigata Curva Sud dapat memilih dan memilah berita yang bertebaran di linimasa Twitter. Hal tersebut ditunjukkan dengan kemampuan mereka untuk memilih sumber berita, melihat kecocokan antara judul dan isi serta mengidentifikasi redaksional berita. Penerapan tabayyun dalam menggunakan Twitter menjadi penting agar tidak terpancing terhadap suatu berita yang belum tentu kebenarannya dan mengantisipasi hal- hal yang tidak diinginkan dalm dunia suporter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mukhammad Sahlan, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Tabayyun, Brigata Curva Sud.
Subjects: Komunikasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 02 Jun 2021 12:55
Last Modified: 02 Jun 2021 12:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42441

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum