Konstruksi Media dalam Pemberitaan Isu Agama Fenomena Hijrah (Analisis Framing Majalah Tempo Edisi 27 Mei- 2 Juni 2019 “Ramai- Ramai Hijrah”)

Wulan Dwi Agustina, NIM. 13210062 (2020) Konstruksi Media dalam Pemberitaan Isu Agama Fenomena Hijrah (Analisis Framing Majalah Tempo Edisi 27 Mei- 2 Juni 2019 “Ramai- Ramai Hijrah”). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Konstruksi Media dalam Pemberitaan Isu Agama Fenomena Hijrah (Analisis Framing Majalah Tempo Edisi 27 Mei- 2 Juni 2019 “Ramai- Ramai Hijrah”))
13210062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (Konstruksi Media dalam Pemberitaan Isu Agama Fenomena Hijrah (Analisis Framing Majalah Tempo Edisi 27 Mei- 2 Juni 2019 “Ramai- Ramai Hijrah”))
13210062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Fenomena Hirah yang dimaknai sebagai “perpindahan sikap keagamaan” ini juga semakin dipopulerkan oleh kalangan pesohor atau selebritis yang berbondong- bondong mendeklarasikan ke”hijrahan” mereka. Deklarasi tersebut ditandai dengan berbagai macam perubahan, dari perubahan penampilan dengan menumbuhkan jenggot, memakai gamis, memakai celana cingkrang untuk pria, memakai busana yang dibilang “syar’i”, memakai jilbab besar, memakai cadar, untuk perempuan. Deklarasi hijrah tersebut juga seringkali dilakukan dengan sikap para pesohor dengan meninggalkan dunia hingar bingar yang telah mereka geluti juga membesarkan nama mereka. Fenomena hijrah ini kemudian menjadi topik yang diangkat Majalah Tempo Edisi 27 Mei- 2 Juni 2019 “Ramai- Ramai Hijrah”. Selain fenomena hijrah yang ramai dilakukan para pesohor negeri dan masih menjadi perbincangan yang pada akhirnya menimbulkan pro dan kontra tentang pemaknaan “hijrah” serta tokoh- tokoh yang akhirnya ikut mendeklarasikan hijrah sebagai suatu gerakan sosial. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dan memakai analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Objek kajiannya frame Isu Agama Fenomena Hijrah yang menjadi subjek kajiannya yakni teks berita berjumlah 5 berita dari Majalah Tempo Edisi 27 Mei- 2 Juni 2019 “Ramai- Ramai Hijrah”. Diambil kesimpulan bahwa Majalah Tempo mencoba menghadirkan framing bahwasanya fenomena hijrah yang dilakukan oleh para pesohor mau tak mau menciptakan peluang bisnis, memunculkan keuntungan- keuntungan tertentu, juga melahirkan kebutuhan- kebutuhan baru pada masyarakat. Hal tersebut Tempo bahas dalam beberapa berita pada edisi ini dengan tetap berpegang pada misi dan visi, menampung dan menyalurkan suara, pendapat, serta pernyataan yang berbeda-beda dari berbagai pihak. Menurut peneliti, Tempo berusaha menggiring pembaca atau khalayak pada sajian data dan fakta yang Tempo hadirkan terkait fenomena hijrah agar pembaca, publik atau khalayak mampu mencerna, menyimpulkan sendiri persepsi mereka terhadap fenomena ini. Berikut beberapa analisis peneliti atas beberapa pemberitaan pada majalah Tempo edisi “Ramai- Ramai Hijrah”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hamdan Daulay, M.A., M.Si
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing, Fenomena Hijrah, Hijrah, Pesohor
Subjects: Komunikasi Budaya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 02 Jun 2021 13:11
Last Modified: 02 Jun 2021 13:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42442

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum