KOMODIFIKASI AGAMA DALAM AKUN INSTAGRAM DAKWAH_TAUHID

MUCHAMMAD ABDUL AZZIZ, NIM: 13210090 (2020) KOMODIFIKASI AGAMA DALAM AKUN INSTAGRAM DAKWAH_TAUHID. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMODIFIKASI AGAMA DALAM AKUN INSTAGRAM DAKWAH_TAUHID)
13210090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KOMODIFIKASI AGAMA DALAM AKUN INSTAGRAM DAKWAH_TAUHID)
13210090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Agama merupakan pegangan hidup bagi individu agar senantiasa dekat dengan sang kuasa. Dakwah merupakan salah satu ajaran bagi individu yang beragama. Dakwah di abad ke 20 banyak dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya sosial media. Di zaman yang serba canggih ini, tawaran akan pilihan sosial media sangat variatif, seperti Instagram, Twitter, Facebook, Path dll sehingga individu maupun sebuah kelompok dapat dengan bebas untuk memilih dalam bermedia sosial dengan membuat sebuah akun. Dakwah tauhid merupakan salah satu akun di Instagram dengan pengikut lebih dari 1 juta akun mempunyai misi menyebarkan kajian Islam kepada khalayak ramai pengguna sosial media. Dakwah visual yang dilakukan di akun Instagram @dakwah_tauhid berupa gambar dan video dengan caption yang menarik. Kemudian, penelitian ini di latar belakangi dengan adanya unsur-unsur komodifikasi yang dilakukan oleh akun Instagram @dakwah_tauhid. Oleh sebab itu, penulis menggunakan pendekatan kualitatif yang termasuk jenis penelitian analisis isi kritis. Analisis yang digunakan adalah semiotika menurut Charles S. Peirce. Akun Instagram @dakwah_tauhid menjadi data utama yang digunakan dan data pendukung yang didapat dari berbagai media yang relevan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yang diperoleh dari akun Instagram @dakwah_tauhid. Setelah dilakukan analisis pada akun Instagram @dakwah_tauhid dapat diambil kesimpulan dari penelitian ini yang menunjukkan adanya komodifikasi yang muncul pada akun Instagram tersebut. Komodifikasi berupa konten iklan yang sering kali muncul pada postingan di akun @dakwah_tauhid berupa pesan yang berkaitan dengan unsur keimanan dan kepercayaan, hukum atau aturan agama serta perilaku manusia. Ditambah dengan tema islami seperti adanya hadist-hadist dan pesan-pesan dakwah dalam konten iklan yang di posting dalam akun Instagram @dakwah_tauhid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Abdul Rozak, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Instagram, Dakwah, Komodifikasi
Subjects: Komunikasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 02 Jun 2021 13:34
Last Modified: 02 Jun 2021 13:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42445

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum