PERAN PEMUDA MENGANTISIPASI RADIKALISME AGAMA (Studi Kasus Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah Indonesia - Yogyakarta)

Agus Salim, NIM.: 13720021 (2020) PERAN PEMUDA MENGANTISIPASI RADIKALISME AGAMA (Studi Kasus Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah Indonesia - Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEMUDA MENGANTISIPASI RADIKALISME AGAMA (Studi Kasus Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah Indonesia - Yogyakarta))
13720021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEMUDA MENGANTISIPASI RADIKALISME AGAMA (Studi Kasus Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah Indonesia - Yogyakarta))
13720021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pemuda merupakan salah satu elemen sosial yang penting dalam kehidupan suatu masyarakat, bangsa dan negara. Keberadaan dan perannya yang memiliki kekuatan integrasi, toleransi dan perdamaian mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi kehidupan sosial. Namun, fenomena sosial di Indonesia saat ini memperlihatkan bahwa pemuda merupakan salah satu lapisan sosial yang menjadi sasaran dari penyebaran sikap intoleran, eksklusif, takfiri, keras dan kasar. Menghadapi fenomena dilematis tersebut memicu perkembangan dalam bidang kajian ilmu sosial yang secara umum melihat adanya dua potensi dari pemuda yang saling berhadap-hadapan. Pertama, melihat sisi pemuda sebagai kekuatan dari sikap-sikap destruktif; dan Kedua, melihat sisi pemuda sebagai kekuatan konstruktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran pemuda dalam menggunakan potensi dan kekuatan yang konstruktif tersebut. Salah satu kelompok pemuda yang memiliki potensi konstruktif tersebut adalah Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Indonesia Daerah – Yogyakarta (IKPMDI-Y) yang berupaya mengantisipasi sikap radikalisme agama di kalangan anggotanya. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan untuk mengetahui bagaimana praktik sosial IKPMDI-Y dalam mengantisipasi sikap radikalisme agama. Sementara praktik sosial yang mereka lakukan dianalisa dengan teori strukturasi Antony Giddens. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa cara mengantisipasi sikap radikalisme agama yang dilakukan oleh IKPMDI-Y adalah dengan implementasi nilai-nilai multikulturalisme sebagai praktik sosial dalam setiap kegiatannya. Komunikasi dialogis, jurnalisme multikultural, dan seni pertunjukan merupakan ciri praktik pengimplementasian nilai multikulturalisme. Melalui ketiga cara dan bentuk implementasi nilai multikulturalisme tersebut IKPMDI-Y berupaya membentengi anggotanya dari sikap radikalisme agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Yayan Suryana, S. Ag., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pemuda, IKPMDI-Y, Radikalisme Agama, Multikulturalisme
Subjects: Radikalisme
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Jun 2021 14:43
Last Modified: 22 Jun 2021 14:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42538

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum