IMPLEMENTASI TATA TERTIB SEKOLAH DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PEMBIASAAN SIKAP RELIGIUSITAS SISWA DI SMP DAARUL QURAN UNGARAN JAWA TENGAH

Munirotul Umayah, NIM.: 13410226 (2020) IMPLEMENTASI TATA TERTIB SEKOLAH DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PEMBIASAAN SIKAP RELIGIUSITAS SISWA DI SMP DAARUL QURAN UNGARAN JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI TATA TERTIB SEKOLAH DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PEMBIASAAN SIKAP RELIGIUSITAS SISWA DI SMP DAARUL QURAN UNGARAN JAWA TENGAH)
13410226_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI TATA TERTIB SEKOLAH DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PEMBIASAAN SIKAP RELIGIUSITAS SISWA DI SMP DAARUL QURAN UNGARAN JAWA TENGAH)
13410226_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah suasana kehidupan di sekolah atau di kelas memerlukan adanya tata tertib, karena tujuan pendidikan tidak akan tercapai apabila tidak diperhatikan dan tidak melaksanakan tata tertib, sebab tata tertib merupakan salah satu alat pendidikan represif serta merupakan bagian dari kelancaran kegiatan belajar mengajar di sekolah. Siswa Daarul Quran berasal dari berbagai latar belakang. Dari berbagai macam karakter yang berbeda-beda menimbulkan fenomena pelanggaran tata tertib. Oleh karena itu dalam sekolah harus ada program pembiasaan untuk membentuk karakter disiplin dan sikap religius siswa. Dengan memiliki karakter dan sikap yang baik, maka tata tertib sekolah akan dipatuhi dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan behavioristik. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi menggunakan observasi partisipasi pasif; wawancara terbuka tertutup; dan dokumentasi dengan melihat catatan yang sudah ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi tata tertib di SMP Daarul Quran Ungaran secara umum sudah dilaksanakan dengan baik. Banyak siswa yang sudah melaksanakan tata tertib di Daarul Quran. Meskipun ada beberapa siswa yang terkena sanksi karena melanggar tata tertib, hukuman yang mereka jalankan masih ada kaitannya dengan kedisiplinan. (2) Pembiasaan sikap religius di Daarul Quran dilaksanakan di tiga tempat utama yaitu sekolah, masjid, dan asrama. Kegiatan tersebut meliputi salaman, membaca doa, sholat fardhu berjamaah, sholat sunnah, halaqah Al quran, bersholawat, tadarus Al quran, puasa senin kamis,buka puasa bersama, bersedekah, bangun pagi, program bahasa, muhadhoroh / latihan pidato, belajar malam, dan kebersihan. (3) Keberhasilan pembiasaan perilaku positif terhadap implementasi tata tertib ini membentuk siswa yang memiliki sifat religius yaitu taat kepada Allah, ikhlas, bertanggung jawab, disiplin dan tertib.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Ahmad Hanany Naseh, M.A
Uncontrolled Keywords: Tata Tertib, Pendidikan Karakter
Subjects: ISLAM DAN PENDIDIKAN
Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 26 Jun 2021 18:51
Last Modified: 26 Jun 2021 18:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42551

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum