PERAN ORGANISASI KEPEMUDAAN BARISAN ANSOR SERBAGUNA (BANSER) KECAMATAN SADANG DALAM PENANGGULANGAN BENCANA TANAH LONGSOR

Imawan, NIM.: 14720029 (2020) PERAN ORGANISASI KEPEMUDAAN BARISAN ANSOR SERBAGUNA (BANSER) KECAMATAN SADANG DALAM PENANGGULANGAN BENCANA TANAH LONGSOR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORGANISASI KEPEMUDAAN BARISAN ANSOR SERBAGUNA (BANSER) KECAMATAN SADANG DALAM PENANGGULANGAN BENCANA TANAH LONGSOR)
14720029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORGANISASI KEPEMUDAAN BARISAN ANSOR SERBAGUNA (BANSER) KECAMATAN SADANG DALAM PENANGGULANGAN BENCANA TANAH LONGSOR)
14720029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penanggulangan bencana tanah longsor oleh Barisan Ansor Serbaguna Sadang atau biasa disingkat Banser Kecamatan Sadang. Skripsi: Program Studi Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial Humaniora. Universitas Negri Islam Sunan Kalijaga (UIN) Yogyakarta Tahun 2019. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun bulan maret tahun 2019 dengan tujuan untuk membahas Peran Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kecamatan Sadang Dalam penanggulangan Bencana Tanah Longsor Di Desa Kalipoh. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bencana tanah longsor yang tidak dapat diprediksi karena kondisi alam yang berubah-ubah. Dengan melibatkan berbagai organisasi massa yang turun lapangan untuk melaksanakan penanganan bencana tanah longsor. Organisasi yang berperan dalam menangani bencana yaitu Barisan ansor serbaguna kecamatan sadang. Dalam menangani bencana tanah longsor Banser Sadang melakukan pengurangan resiko bencana yaitu sosialisasi kebencanaan, mitigasi, kesiapsiagaan dan pemulihan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Objek penelitian yaitu Peran Barisan Ansor Serbaguna Dalam Pengurangan Resiko Bencana di Desa Kalipoh. Semantara subjek penelitian yaitu tokoh masyarakat, komandan banser kecamatan sadang, tiga orang masyarakat Desa Kalipoh. Teknik penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam keabsaan data yaitu berdasarkan sumber data. Sedangkan analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengimplikasian peran Banser kecamatan sadang dalam pengurangan resiko bencana telah berhasil dengan baik. Kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh Banser Kecamatan Sadang dan lembaga pemerintahan telah berhasil menggerakan kesadaran masyarakat untuk aktif mengamati potensi kerawanan bencana di sekitarnya. Masyarakat juga telah menunjukan sikap aktif terhadap program kebencanaan yang dilaksanakan oleh pemerintah seperti melakukan penanaman pohon yang memiliki akar kuat yaitu pohon aren, trembesi dan bambu di wilayah yang memiliki krisis pohon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Napsiah, S.Sos. M.Si,
Uncontrolled Keywords: Bencana Tanah Longsor, Implikasi Peran Barisan Ansor Serbaguna Kecamatan Sadang
Subjects: Organisasi Masyarakat
Sosial, Gerakan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 24 Jun 2021 14:01
Last Modified: 24 Jun 2021 14:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42554

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum