TRADISI NGALAP BERKAH DI DUNIA PESANTREN (Studi terhadap Eksistensi Pasangan Ustadz Mukim di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta)

Muntaha, NIM.: 14720035 (2020) TRADISI NGALAP BERKAH DI DUNIA PESANTREN (Studi terhadap Eksistensi Pasangan Ustadz Mukim di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TRADISI NGALAP BERKAH DI DUNIA PESANTREN (Studi terhadap Eksistensi Pasangan Ustadz Mukim di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta))
14720035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (TRADISI NGALAP BERKAH DI DUNIA PESANTREN (Studi terhadap Eksistensi Pasangan Ustadz Mukim di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta))
14720035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (901kB)

Abstract

Ngalap Berkah dalam pesantren merupakan salah satu tradisi yang masih banyak dilaksanakan meskipun masyarakat pesantren sudah berkembang ke arah yang lebih rasional, yang dijadikan sebagai salah satu alat untuk mempererat hubungan antar kelompok masyarakat. Tradisi ini berbentuk keyakinan bahwa seseorang akan mendapatkan kebaikan apabila dekat dan manut (patuh) kepada kiai. Para santri sebagai subjek yang banyak mencari manfaat “berkah” ini akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan berkah dari sang kiai salah satunya yakni dengan melakukan pengabdian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tradisi ngalap berkah santri, ustadz dan motif pengabdian pasangan ustadz mukim di Pondok Pesantren Nurul Ummah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian yaitu 3 (tiga) orang ustadz yang sudah berkeluarga yang melakukan pengabdian di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta dengan cara menetap di lingkungan pondok beserta keluarganya Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan model triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tradisi ngalap berkah santri, ustadz Pondok Pesantren Nurul Ummah khususnya dalam bentuk pengabdian memiliki ciri khusus yaitu dilaksanakan dengan tinggal di pesantren dan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya ustadz pengabdian bekerja pada pekerjaan yang disediakan pesantren. Motif ustadz dalam melakukan pengadian setidaknya ada dua. Motif yang pertama ditinjau dari segi rasionalitas instrumental yang mana bagi ustadz tindakan pengabdian diyakini mengarah pada tujuan terpenuhinya segala kebutuhan baik kabutuhan materi, sosiologis maupun psikologis. Motif yang kedua berdasar rasionalitas nilai yang mana tindakan dalam tradisi ngalap berkah sendiri diyakini sebagai tradisi yang mempunyai makna dan manfaat dengan tujuan mendapat keberkahan dari kiai. Berkah yang menjadi tujuan dari segala tindakan pengabdian memiliki makna bagi ustadz sebagai jalan menuju ketenangan hidup, berkah ilmu dari kiai dapat menjadi petunjuk dalam menjalani kehidupan, serta perantara atau wasilah yang menghubungkan santri, kiai dan Tuhan (Allah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Achmad Zainal Arifin, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Tradisi, Ngalap berkah, Pengabdian, Pondok Pesantren
Subjects: Islam dan Tradisi
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 24 Jun 2021 14:11
Last Modified: 24 Jun 2021 14:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42555

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum