KOLABORASI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QURAN SISWA SMP NEGERI 5 WATES

Hartiningsih, NIM.: 13410233 (2020) KOLABORASI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QURAN SISWA SMP NEGERI 5 WATES. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOLABORASI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QURAN SISWA SMP NEGERI 5 WATES)
13410233_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KOLABORASI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QURAN SISWA SMP NEGERI 5 WATES)
13410233_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa peningkatan kemampuan membaca Alquran siswa menjadi sangat penting untuk mengarahkan siswa menjadi pribadi yang lebih baik. Setiap guru memiliki program pengajaran masing- masing dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran. Banyak siswa yang kemampuan membaca Alquran masih rendah meskipun sudah dilaksanakan program TPA. Mengingat hal tersebut peningkatan kemampuan membaca Alquran siswa membutuhkan kerjasama yang baik antara guru satu dengan guru yang lainnya. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan, menganalisis bentuk kolaborasi, strategi dan hasil kolaborasi yang dilakukan guru Bimbingan dan Konseling dengan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa di SMP Negeri 5 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian kualilatif dengan mengambil latar SMP Negeri 5 Wates. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini akan menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Ada 10 subyek yang dijadikan sampel penelitian. Hasil penelitian ini menujukkan: 1) Bentuk kolaborasi antara guru Bimbingan dan Konseling dengan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran yaitu berkolaborasi memotivasi, mengkondisikan siswa, membimbing siswa dan evaluasi 2) Berdasarkan analisis proses pembelajaran kegiatan keagamaan, strategi pelaksanaan kolaborasi guru Bimbingan dan Konseling dengan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran dilaksanakan sejak awal dari memotivasi siswa, mengkondisikan siswa, membimbing siswa dan mengevaluasi. 3) Hasil kolaborasi antara guru Bimbingan dan Konseling dengan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaaca Alquran sangat efektif untuk dilakukan karena setelah dilakukan kolaborasi, kelas menjadi lebih kondusif sehingga pembelajaran bisa lebih efektif dan juga siswa menjadi lebih termotivasi mengikuti kelas keagamaan. Sedangkan secara kuatitaif mengalami peningkatan pada siswa kelas Alquran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Mujahid, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca, Al-Qur'an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 26 Jun 2021 18:52
Last Modified: 26 Jun 2021 18:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42568

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum