MUATAN IDEOLOGI LIBERALISME PENDIDIKAN DALAM KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (Studi Atas Kurikulum Pendidikan Tinggi Mengacu KKNI dan SNPT Berparadigma Integrasi-Interkoneksi)

Raden Wicak Mudah Kurnia, NIM.: 13430051 (2020) MUATAN IDEOLOGI LIBERALISME PENDIDIKAN DALAM KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (Studi Atas Kurikulum Pendidikan Tinggi Mengacu KKNI dan SNPT Berparadigma Integrasi-Interkoneksi). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MUATAN IDEOLOGI LIBERALISME PENDIDIKAN DALAM KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (Studi Atas Kurikulum Pendidikan Tinggi Mengacu KKNI dan SNPT Berparadigma Integrasi-Interkoneksi))
13430051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MUATAN IDEOLOGI LIBERALISME PENDIDIKAN DALAM KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (Studi Atas Kurikulum Pendidikan Tinggi Mengacu KKNI dan SNPT Berparadigma Integrasi-Interkoneksi))
13430051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah mengenai pendidikan yang tidak dapat lepas dari ideologi dibaliknya. Berjalannya pendidikan sangat dipengarui oleh ideologi yang terdapat dianutnya. Perguruan tinggi merupakan institusi pendidikan yang pasti dalam berjalanya dipengaruhi oleh ideologi pendidikan. Oleh karena itu penting untuk melakukan penelitian mengenai ideologi yang dianut dalam kurikulum perguruan tinggi. Penelitian ini yaitu jenis penelitian field research. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian menggunakan dua metode yaitu deskriptif-kualitatif dan analisis isi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Tujuan kurikulum merupakan turunan dari visi-misi dan kemudian di rumuskan dalam bentuk Capaian pembelajaran, 2) Materi kurikulum dikelompokan jadi empat kriteria yaitu kompetensi dasar, materi pendukung profil tenaga pendidik, pendukung profil juru kisah, dan pendukung profil wirausahawan pendidikan. 3) Metode kurikulum menggunakan Student Center Learning (SCL) 4) Evaluasi kurikulum menggunakan penilaian proses dan penilaian hasil. Muatan ideologi liberalisme pendidikan dalam kurikulum mengacu KKNI dan SNPT berparadigma IntegrasiInterkoneksi yang diterapkan di Program Studi PIAUD adalah sebagai berikut: 1) Tujuan kurikulum yaitu pada capaian pembelajaran pada aspek sikap yaitu mengarahkan mahasiswa untuk mampu Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan mendorong mahasiswa untuk mampu berfifikir logis, kiritis dan sistematis serta mendorong mahasiswa dalam kemampuan melakukan kinerja secara mandiri, 2) Materi kurikulum yaitu menekankan pada mahasiswa untuk melakukan eksplorasi secara kritis yang terdapat dalam mata kuliah filsafat, filsafat Ilmu dan Logika, 3) Metode kurikulum yaitu pada metode SCL yang menempatkan dosen sebagai fasilitator dan motivator dalam pembelajaran dan antara dosen dan mahasiswa juga samasama terlibat dalam proses perencanaan pendidikan, 4) Evaluasi kurikulum yaitu pada penggunaan evaluasi dengan melaksanakan ujian praktik dikelas dan juga tidak menggunakan konsep peringkat tradisional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Rohinah, S.Pd, M.A
Uncontrolled Keywords: Ideologi, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 26 Jun 2021 18:58
Last Modified: 26 Jun 2021 18:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42572

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum