RENCANA STRATEGIS KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN SD MUHAMMADIYAH BODON KOTAGEDE

Rifa’i Dafiq Nurrozaq, NIM.: 13480049 (2020) RENCANA STRATEGIS KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN SD MUHAMMADIYAH BODON KOTAGEDE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RENCANA STRATEGIS KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN SD MUHAMMADIYAH BODON KOTAGEDE)
13480049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (RENCANA STRATEGIS KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN SD MUHAMMADIYAH BODON KOTAGEDE)
13480049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Sumber informasi di sekolah sangat dibutuhkan oleh guru-guru, agar informasi yang disampaikan dapat terlaksana bagi pengembangan guru itu sendiri dan siswa. Kemampuan berkomunikasi kepala sekolah diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas, menghimpun dan menampung berbagai pendapat dan keluhan, saling memberi dan menerima serta silaturahmi dan kekeluargaan semakin baik. Penelitian bertujuan untuk 1) mengetahui rencana strategi komunikasi antara kepala sekolah dengan para guru untuk meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran SD Muhammadiyah Bodon. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat komunikasi antara kepala sekolah dengan para guru untuk meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran SD Muhammadiyah Bodon. Peneliti menggunakan jenis penelitian studi kasus. Metode penelitian ini adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model-model Miles dan Huberman yang terdiri dari data reduksi, data display, conclusion drawing/verification. Rencana strategis komunikasi kepala sekolah di SD Muhammadiyah Bodon untuk meningkatkan inerja guru dalam pebelajaran meliputi 5 langkah. Pertama, kajian kondisi program internal sekolah. Kedua, pelaksanaan programkomunikasi kepala sekolah. Ketiga, sasaran komunikasi kepala sekolah. Keempat, penggunaan gaya bahasa yang dilakukan oleh kepala sekolah. Kelima, penggunaa media dalam menyampaikan komunikasi atau informasi. Keenam, evaluasi pelaksanaan komunikasi. Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat. Terdapat beberapa faktor yang dapat mendukung komunikasi kepala sekolah di SD Muhammadiayah Bodon diantaranya adalah penggunaan bahasabahasa yang mudah dipahami, saling terbuka dalam komunikasi, dan terdapat media juga yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah melakukan komunikasi. Media yang paling sering digunakan untuk menyeberluaskan informasi adalah melalui Whatsapp Massenger. Disamping itu tidak semua informasi di SD Muhammadiyah Bodon dapat tersampaikan secara keseluruhan kepada guru maupun staf di sekolah tersebut. Terdapat juga beberapa faktor yang sedikit menghampat penyampaian informasi diantaraya adalah salah paham atau terjadinya missed komunikasi anatar komunikan dan komuikator. Selain itu, walaupun media Whatsapp Massenger sudah sangat familiar di era sekaranng ini, masih terdapat beberapa guru ataupun staf di SD Muhammadiyah Bodon tersebut tidak mempunyai aplikasi tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Kinerja Guru
Subjects: Komunikasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 29 Jun 2021 12:53
Last Modified: 29 Jun 2021 12:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42592

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum