KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN DEMOKRATIS JOHN DEWEY DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KARAKTER SEKOLAH DASAR

Moh. Lisdianto Putro, NIM.: 13490010 (2020) KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN DEMOKRATIS JOHN DEWEY DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KARAKTER SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN DEMOKRATIS JOHN DEWEY DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KARAKTER SEKOLAH DASAR)
13490010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN DEMOKRATIS JOHN DEWEY DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KARAKTER SEKOLAH DASAR)
13490010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Di era globalisasi ini banyak ditemukan berbagai fenomena terkait pendidikan karakter yang menarik untuk dibahas. Contoh kecilnya saja seperti anak yang sulit dimengerti, kurangnya komunikasi antar orangtua, dan sedikitnya anak yang melestarikan budaya salam sebelum masuk kerumah. Serta penggunaan gadget yang kian meningkat dari hari kehari membuat suatu problema yang meresahkan bagi sebagian orangtua. Pendidikan karakter ini bertujuan untuk menanamkan nialai-nilai dan norma-norma yang terkandung di masyarakat sekitar sehingga anak tidak hanya memahami pendidikan yang diajarkan oleh orangtua tetapi juga dapat menerapkan karakter yang berbudi luhur dan dapat menjadi contoh teladan bagi orang sekitarnya. Disinilah kenapa peneliti tertarik membahas tentang konsep pemikiran John Dewey, melalui upaya yang memadukan dualism antara teori dan praktek ini sungguh relevan bagi perkembangan karakter yang tidak memisahkan antara: pendidikan sekolah, pendidikan masyarakat, dan pendidikan keluarga, lebih-lebih bila dikaitkan dengan tuntutan pendidikan yang menganut faham kesepadanan dengan kebutuhan dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research), dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian dalam bentuk kajian teoritis terhadap pemikiran atau karya seseorang dalam bentuk ide gagasan. Penelitian ini termasuk bersifat deskriptif-analitik yakni dengan berusaha memaparkan data-data tentang suatu hal atau masalah dengan analisis dan interpretasi yang tepat. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Konsep pemikiran pendidikan demokratis John Dewey adalah kebebasan dalam pendidikan karena individu lebih di dominasi oleh hasrat alamiah. Hasrat yang tinggi ini mampu memunculkan rasa kasih sayang, keramahan, serta beberapa watak yang menonjol. Hasrat alami akan membuat individu menjadi sosok warga negara yang baik yang akan menjadi pembela bagi negaranya. Sedangkan relevansi pemikiran pendidikan demokratis John Dewey dalam prespektif pendidikan karakter Sekolah Dasar ialah meningkatkan kemampuan peserta didik secara holistik/komprehensif baik dalam ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Keberhasilan pendidikan dapat dilihat melalui antara lain meningkatnya kemampuan peserta didik untuk belajar, melakukan upaya kearah yang lebih baik dalam belajarnya dan berkembangnya keinginan untuk selalu belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Imam Machali, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Demokratis, Pendidikan Karakter, John Dewey
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 29 Jun 2021 12:54
Last Modified: 29 Jun 2021 12:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42593

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum