PENERAPAN NILAI KOOPERATIF DALAM KEGIATAN KEPRAMUKAAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA KELAS XI DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA

Najib Ulinnuha, NIM.: 14410082 (2020) PENERAPAN NILAI KOOPERATIF DALAM KEGIATAN KEPRAMUKAAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA KELAS XI DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN NILAI KOOPERATIF DALAM KEGIATAN KEPRAMUKAAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA KELAS XI DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA)
14410082_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN NILAI KOOPERATIF DALAM KEGIATAN KEPRAMUKAAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA KELAS XI DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA)
14410082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Masyarakat Indonesia menempuh pendidikan formal melalui sekolah untuk mendapatkan pengetahuan, kecakapan ketrampilan dan sikap-sikap dasar yang diperlukan untuk pembentukan dan pengembangan pribadi. Namun, pendidikan formal tidak akan optimal apabila tidak dibarengi dengan pendidikan non formal yang memiliki tujuan utama pembentukan karakter dan keterampilan peserta didik. Karakter individu dari suatu bangsa mencerminkan kualitas SDM yang memegang peranan penting dalam kemajuan suatu bangsa. Salah satu pendidikan karakter yang diadakan di lingkungan sekolah yaitu melalui kegiatan Pramuka. Salah satu keterampilan yang sangat penting dimiliki oleh siswa adalah kemampuan bekerja sama dengan orang lain atau sikap tolong menolong. Islam sangat menjunjung tinggi tolong menolong dalam hal kebaikan. Sikap tolong menolong ini dapat disebut dengan sikap kooperatif. Nilai-nilai kooperatif yang diajarkan melalui kegiatan Pramuka yaitu pada poin ke 5 Dasa Darma Pramuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan relevansi nilai kooperatif relevansi kegiatan kepramukaan terhadap pembelajaran PAI pada siswa kelas XI di MAN 2 Sleman Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kooperatif ditanamkan melalui pelajaran PAI dengan metode kerja kelompok, presentasi serta piket pendampingan siswa tuna netra. Penelitian ini menemukan adanya relevansi antara penanaman nilai kooperatif dalam Pramuka dengan pelajaran PAI karena semuanya mengacu pada Al Quran dan Sunnah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian yang bertujuan melakukan studi yang mandalam mengenai suatu unit sosial sedemikian rupa, sehingga menghasilkan gambaran yang terorganisisr dengan baik dan lengkap mengenai unit sosial tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif, dimana dilakukan pencarian makna, pemahaman, pengertian tentang suatu fenomena, kejadian maupun kehidupan manusia yang terlibat langsung dan/atau tidak langsung dalam setting yang diteliti, kotekstual dan menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kooperatif ditanamkan melalui pelajaran PAI dengan metode kerja kelompok, presentasi serta piket pendampingan siswa tuna netra. Nilai kooperatif juga ditanamkan melalui kegiatan ektrakurikuler Pramuka dengan metode kuis, permainan, pelatihan ketrampilan kelompok hingga kemah. Penelitian ini menemukan adanya relevansi antara penanaman nilai kooperatif dalam Pramuka dengan pelajaran PAI karena semuanya mengacu pada Al Quran dan Sunnah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Nur Hamidi, MA
Uncontrolled Keywords: Kepramukaan, Pembelajaran Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 29 Jun 2021 12:51
Last Modified: 29 Jun 2021 12:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42597

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum