PROFESIONALITAS MAHASISWA PENDAMPING DALAM PROGRAM PENDAMPINGAN KEAGAMAAN (PPK) FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Haris Ahmad Hidayatullah, NIM.: 14410151 (2020) PROFESIONALITAS MAHASISWA PENDAMPING DALAM PROGRAM PENDAMPINGAN KEAGAMAAN (PPK) FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROFESIONALITAS MAHASISWA PENDAMPING DALAM PROGRAM PENDAMPINGAN KEAGAMAAN (PPK) FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
14410151_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PROFESIONALITAS MAHASISWA PENDAMPING DALAM PROGRAM PENDAMPINGAN KEAGAMAAN (PPK) FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
14410151_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berkaitan dengan kinerja dari mahasiswa pendamping dalam program pendampingan keagamaan. Mahasiswa pendamping dalam PPK merupakan salah satu contoh pendidik. Tentu saja sebagai pendidik dituntut untuk profesional. Namun, realitanya ada MP yang tidak menjalankan tugasnya dengan baik. Bahkan, ada yang terlambat dalam apel pagi sebelum pelaksanaan PPK. Oleh karena itu dilakukan penelitian terkait fenomena tersebut. Karena profesionalitas merupakan salah satu unsur yang harus dimiliki oleh para mahasiswa pendamping agar dapat mengembangkan pembelajaran di PPK. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini memusatkan pada permasalahan aktual yang apa adanya selama penelitian berlangsung. Penelitian ini terkait dengan profesionalitas mahasiswa pendamping dalam menjalankan PPK. Data yang didapatkan berupa penjelasan-penjelasan dari narasumber yang didapatkan dengan cara wawancara yang selanjutnya dilengkapi dengan dokumentasi. Setelah itu semua data dianalisa dengan memilah penjelasan-penjelasan yang diperlukan. Dianalisa menggunakan reduksi data, penyajian data, dan pada akhirnya penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi MP dalam menjadi seorang pendamping adalah karena beberapa hal. Di antaranya tertarik dengan konsep pendampingan tersebut, kemudian sebagai wadah peningkatan kualitas diri, dan juga sebagai sarana mengisi waktu luang. Dengan motivasi yang mereka miliki ketika mengajukan diri sebagai MP membuat mereka juga harus menguasai berbagai kompetensi. Di antaranya kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogi, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan juga kompetensi kepemimpinan. Kelima aspek tersebut dikuasai oleh para MP dengan proses masing-masing. Sebagai upaya agar pembelajaran PPK dapat terlaksana dengan baik, maka ada evaluasi yang dilakukan oleh MP setelah pembelajaran PPK. Dengan dipenuhi dan dikuasainya aspek-aspek profesional yang membuat pembelajaran PPK di fakultas Saintek dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muqowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Profesionalitas, Program Pendampingan Keagamaan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Perguruan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 29 Jun 2021 12:52
Last Modified: 29 Jun 2021 12:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42598

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum