STUDI KOMPARASI EFEKTIVITAS ANTARA MEDIA APLIKASI SECIL: BELAJAR BAHASA ARAB + SUARA DENGAN KOMIK STRIP DALAM PENGUASAAN MUFRADAT SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Meizri Wahyuningsih, NIM.: 14420008 (2020) STUDI KOMPARASI EFEKTIVITAS ANTARA MEDIA APLIKASI SECIL: BELAJAR BAHASA ARAB + SUARA DENGAN KOMIK STRIP DALAM PENGUASAAN MUFRADAT SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI EFEKTIVITAS ANTARA MEDIA APLIKASI SECIL: BELAJAR BAHASA ARAB + SUARA DENGAN KOMIK STRIP DALAM PENGUASAAN MUFRADAT SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2018/2019)
14420008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI EFEKTIVITAS ANTARA MEDIA APLIKASI SECIL: BELAJAR BAHASA ARAB + SUARA DENGAN KOMIK STRIP DALAM PENGUASAAN MUFRADAT SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2018/2019)
14420008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini ialah kurangnya pemanfaatan media saat pembelajaran mufradat di kelas 4 SD Muhammadiyah Banguntapan. Oleh karena itu, peneliti mengujicobakan media aplikasi Secil: Belajar Bahasa Arab+Suara dan komik strip. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui proses pembelajaran mufradat dengan media aplikasi Secil dan media komik strip, (2) Mengetahui efektivitas pembelajaran mufradat media aplikasi Secil dan media komik strip, (3) Mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelompok media aplikasi Secil dengan media komik strip. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Desain penelitian ini menggunakan quasi experiment. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan test. Adapun teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample t-Test dan Gain Score melalui Microsoft Excel 2016. Hasil dari penelitian ini ialah: (1) Proses pembelajaran media aplikasi Secil dan media komik strip sama-sama diawali dengan guru mendemonstrasikan media, lalu meminta masing-masing siswa mencoba media tersebut secara bergiliran hingga mengerjakan permainan / latihan dengan teman sebangku, (2) Pembelajaran mufradat dengan media aplikasi Secil lebih efektif daripada media komik strip. Dibuktikan dengan nilai perbandingan n-gain kedua media ialah 1,78 > 1, yang berarti nilai efektivitas kelompok 1 > kelompok 2. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kedua kelompok. Didasarkan pada hasil uji Independent Sample t-Test yang menunjukkan nilai signifikansi 0,01 < 0,05, maka Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data di atas, dapat disimpulkan bahwa media aplikasi Secil: Belajar Bahasa Arab+Suara lebih efektif daripada komik strip dalam meningkatkan penguasaan mufradāt siswa kelas 4 SD Muhammadiyah Banguntapan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Media Aplikasi, Komik Strip
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 29 Jun 2021 15:27
Last Modified: 29 Jun 2021 15:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42601

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum