APLIKASI ANDROID MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI LINGKARAN UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA

Hariza Noor Perdani, NIM.: 16600028 (2020) APLIKASI ANDROID MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI LINGKARAN UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (APLIKASI ANDROID MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI LINGKARAN UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA)
16600028_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (APLIKASI ANDROID MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI LINGKARAN UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA)
16600028_BAB-II_Sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran JOLALI (Jago Belajar Lingkaran) berbasis aplikasi android dengan pendekatan kontekstual yang akan digunakan untuk memfasilitasi pemahaman konsep dan minat belajar siswa. Media pembelajaran ini memuat materi, kuis, dan game tentang lingkaran yang ditujukan untuk siswa SMP/MTs kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model PPE. Tahap PPE meliputi perancangan (planning), penyusunan produk (production), dan evaluasi (evaluation). Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu JOLALI divalidasi oleh para ahli, kemudian direvisi oleh peneliti, lalu diuji-cobakan pada siswa. Penilaian validitas dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Penilaian oleh ahli materi memberikan hasil persentase sebesar 91,02% (sangat memenuhi) dengan memuat indikator pemahaman konsep dan minat belajar siswa. Adapun penilaian oleh ahli media mendapatkan hasil persentase sebesar 86,88% (sangat memenuhi). Berdasarkan penilaian tersebut, media pembelajaran berbasis android ini dinyatakan valid. Adapun penilaian kepraktisan oleh tiga puluh siswa memberikan hasil persentase sebesar 95,90% (sangat memenuhi), sehingga media pembelajaran ini dapat dikatakan sebagai media pembelajaran yang praktis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran JOLALI berbasis android layak digunakan untuk memfasilitasi pemahaman konsep dan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Nurul Arfinanti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Android, Kontekstual, Pemahaman Konsep, Minat Belajar, Lingkaran
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 29 Jun 2021 18:45
Last Modified: 29 Jun 2021 18:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42605

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum