PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PROSES BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK KELAS X PADA POKOK BAHASAN SPLTV

Angga Novian N.S, NIM,: 14600002 (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PROSES BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK KELAS X PADA POKOK BAHASAN SPLTV. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PROSES BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK KELAS X PADA POKOK BAHASAN SPLTV)
14600002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PROSES BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK KELAS X PADA POKOK BAHASAN SPLTV)
14600002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan lembar kerja siswa (LKS) matematika dengan pendekatan saintifik yang berkualitas untuk memfasilitasi hasil belajar dan proses belajar siswa kelas X SMK Kesehatan Binataman Yogyakarta pada pokok materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV). Model pengembangan perangkat pembelajaran pada penelitian ini diadaptasi dari prosedur pengembangan model 4-D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Uji coba dilakukan tiga tahap yaitu (1) Uji coba/validasi ahli, (2) Uji coba terbatas/skala kecil, (3) Uji coba lapangan/skala besar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pedoman wawancara, lembar penilaian LKS dari dosen matematika dan guru matematika, lembar observasi keaktivan siswa, lembar penilaian soal test dari dosen dan guru matematika, lembar soal pretest dan postest. Berdasarkan penilaian dari empat ahli/valodator diperoleh bahwa media pembelajaran LKS matematika mendapat penilaian yang sangat baik dengan kategori sangat layak. Berdasarkan nilai pretest dan postest diperoleh kesimpulan bahwa setiap anak mengalami peningkatan hasil belajar dengan nilai gain skore 0,51 masuk kedalam kategori sedang. Sedangkan berdasarkan hasil analisis proses belajar mendapat kriteria yang sangat baik dengan presentase rata-rata 87,6%. Oleh karena itu LKS matematika dengan pendekatan saintifik pada materi sistem persamaaan linear tiga variabel kelas X jurusan analis kesehatan SMK Binatama dikatakan berkualitas dan mampu memfasilitasi hasil belajar dan proses belajar berdasarkan ketercapaian valid, efektif, praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ibrahim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Matematika, Metode belajar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 30 Jun 2021 14:16
Last Modified: 30 Jun 2021 14:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42614

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum