EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) BERBASIS ONLINE DALAM RANGKA SITUASI PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA

Rizal Junardi, NIM.: 16600084 (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) BERBASIS ONLINE DALAM RANGKA SITUASI PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) BERBASIS ONLINE DALAM RANGKA SITUASI PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA)
16600084_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) BERBASIS ONLINE DALAM RANGKA SITUASI PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA)
16600084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran online pada situasi pandemi sebagian besar pembelajarannya hanya pemberian tugas. Hal tersebut kurang memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis online daripada pembelajaran online konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan lain dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran TTW berbasis online daripada model pembelajaran online konvensional terhadap self-confidence siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran TTW berbasis online serta variabel terikat yaitu kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 6 Kebumen, sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII H sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII F sebagai kelas kontrol. Kelas VII H dijadikan sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan berupa penerapan model pembelajaran TTW berbasis online. Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest-posttest kemampuan komunikasi matematis, prescale-postscale self-confidence, RPP, dan Buku Paket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t dan uji Mann-Whitney. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TTW tidak lebih efektif daripada pembelajaran online konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kemudian, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TTW berbasis online lebih efektif daripada pembelajaran online konvensional terhadap self-confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Sri Utami Zuliana, S.Si., M.Sc., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Online, Think Talk Write (TTW) berbasis online, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Confidence
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 01 Jul 2021 09:39
Last Modified: 01 Jul 2021 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42625

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum