IMPLEMENTASI KELAS BINTANG SEBAGAI UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI KESULITAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS I DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM

Lia Safitri, NIM.: 15480090 (2020) IMPLEMENTASI KELAS BINTANG SEBAGAI UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI KESULITAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS I DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KELAS BINTANG SEBAGAI UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI KESULITAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS I DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM)
15480090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KELAS BINTANG SEBAGAI UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI KESULITAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS I DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM)
15480090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar, implementasi kelas bintang yang merupakan salah satu program dari Bimbingan dan Konseling (BK), dan implikasi kelas bintang sebagai upaya dalam menangani kesulitan belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SDIT Luqman Al-hakim. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas 1, guru kelas 1, serta Guru BK yang menangani kelas 1. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menerapkan uji credibility dan confirmability. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis interaktif model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini terbagi dalam tiga poin yakni: (1); Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar peserta didik kelas 1 di SDIT Luqman Al-hakim, diantaranya faktor dalam diri peserta didik dan faktor lingkungan sekitar. (2); Implementasi kelas bintang yang merupakan salah satu program dari Bimbingan dan Konseling (BK) telah berjalan dengan baik dan dapat mengatasi kesulitan belajar peserta didik. (3); Implikasi dari kelas bintang diantaranya prosedur, metode, pelaksanaan, hingga tindak lanjut dilakukan oleh guru BK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Aninditya Sri Nugraheni, S. Pd., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan dasar, Metode belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 01 Jul 2021 12:05
Last Modified: 01 Jul 2021 13:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42633

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum